BLOG & ARTIKEL

Mengenal apa itu Spesialisasi Kebendaharaan Negara?

Salah satu jurusan di STAN yang asing di telinga, karena tidak terdapat di Perguruan Tinggi lain, adalah Kebendaharaan Negara. Kata bendahara sendiri sering sekali kita temui di dalam kehidupan sehari-hari, namun sebagai sebuah jurusan kuliah, mungkin agak aneh.

Kata "bendahara" sendiri artinya kurang lebih adalah orang yang mengurus masalah keuangan. Dalam lingkup yang lebih luas, dalam hal ini negara, bendahara negara berarti mempunyai tugas mengurus keuangan negara. Kira-kira itulah yang dipelajari dari jurusan Kebendaharaan Negara ini, mempelajari seluk beluk keuangan negara, mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan dari penggunaan uang negara itu.
 
Dalam hal perencanaan, yang dipelajari misalnya tentang Sistem Perencanaan Anggaran, Penyusunan APBN, bagaimana Kementerian-kementerian negara/Lembaga mengajukan anggaran, bagaimana mekanismenya menjadi sebuah APBN
 
Dalam hal pelaksanaan berarti dalam hal implementasi APBN yang telah dilaksanakan, dalam hal ini mempelajari tentang Pelaksanaan APBN di sektor belanja, pendapatan maupun pembiayaan, Pengelolaan Kas, Pengelolaan Investasi, Pengelolaan Utang, dll
 
Dalam hal pelaporan dalam hal ini pelaporan dari pelaksanaan APBN tersebut, dalam hal ini yang dipelajari antara lain akuntansi umum dan juga akuntansi pemerintah.
 
dan tentu saja mata kuliah umum lain misalnya ekonomi, manajemen, hukum dan lain-lain.
 
Apa yang dipelajari di jurusan Kebendaharaan Negara sesuai dengan tugas dan funsi Ditjen Anggaran, Ditjen Perbendaharaan, serta Ditjen Pengelolaan Utang.
 
 
 
There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information