BLOG & ARTIKEL

Mengenal apa itu Spesialisasi Bea Cukai di PKN STAN?

Hari ini kita membahas salah satu Spesialisasi yang cukup digandrungi oleh para para cowok-cowok di PKN STAN yuk ^o^
 
SPESIALISASI KEPABEANAN DAN CUKAI
 
 
 
Yang pertama kita harus tau dulu, Apa sih Bea Cukai itu? Bea dan Cukai itu berbeda ya adik-adik. Masing-masing memiliki arti. Bea adalah Ongkos. Ada 2 bea, yaitu : Bea masuk dan Bea keluar. Bea masuk diperuntukan untuk barang impor. Bea Keluar di peruntukan untuk barang ekspor. Tujuan barang impor dan ekspor dikenakan Bea adalah sebagai pengurang angka impor dan menambah pemasukan kas negara. Kalau Cukai adalah pungutan negara yang dikenakan kepada barang-barang tertentu yang bersifat konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya menimbulkan dampak negatif, pemakaiannya perlu pembebanan pungutan negara demi keadilan dan keseimbangan. Contohnya adalah rokok dan minuman beralkohol, makanya ada pita cukainya. Nah untuk fungsinya sih hampir sama dengan Bea, yaitu : mengurangi konsumsi dan menambah pemasukan kas negara.
 
Jurusan Bea Cukai di PKN STAN ada dua jenis. Yaitu D1 dan D3. Tapi khusus para perempuan yang ingin masuk di spesialisasi ini hanya dapat memilih D1. Kenapa begitu? mungkin memang prospek D3 Bea Cukai hanya pas untuk laki-laki :)
 
Persyaratan untuk Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai terbilang lebih ketat dibandingkan dengan spesialisasi lain di PKN STAN. Persyaratan khususnya antara lain adalah :
- Minus mata < 2. Plus mata  <2.
- Tidak boleh silindris atau buta warna
- Untuk tinggi laki-laki minimal 165cm. perempuan minimal 155cm.
Penglihatan mata harus jelas. Biar gak bingung nanti waktu membedakan barang-barang yang diperiksa.
 
Untuk mata kuliahnya :
- Matkul umum PKN STAN (Akuntansi, hukum etika profesi, B.Indonesia, B.Inggris, Agama, dll)
- Matkul Spesialisasi, nanti diajari kimia biar ngerti barang yang bersifat kimia yang terlarang mana yang tidak terlarang. Karna Bea Cukai termasuk semi-militer nanti juga diajarkan teknik menembak. Tapi tidak sekompleks seperti Akpol ataupun Akmil.
 
Perbedaan D1 dan D3 Kepabeanan dan cukai :
- Materi yang diberikan di D1 tidak sedalam dibandingkan dengan materi D3
- Tempat kuliah D3 Kepabeanan dan Cukai terpisah dengan jurusan lain. Kampus D3 Kepabenan dan Cukai berada di Rawamangun. Sedangkan D1 beberapa kampus D1 beacukai terdapat di beberapa daerah di Indonesia (Seperti bali, malang, palembang, bahkan kampus pusat di Bintaro).
 
Untuk prospek kerjanya dibawah naungan DJBC (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Ada yang di pelabuhan, bandara, perbatasan negara, atau pabrik rokok dan Miras :)
 
 
Jadi gimana? Apakah ini spesialisasi Pilihanmu? :D
 
 
There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information