BLOG & ARTIKEL

Trik Menjawab Soal Kosakata dan Sinonim

Sebelum admin menjelaskan mengenai sinonim dan antonim, ada baiknya jika adik-adik mengetahui terlebih dahulu tipe-tipe soal dalam USM PKN STAN dan porsi 2 tahun belakangan ini.
Dari semua tipe diatas, Kemampuan Verbal merupakan tipe yang paling mudah untuk diselesaikan karena tidak perlu menghitung dan berfikir terlalu lama asal tahu 'trik' nya.
 
Nah, pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan trik untuk menjawab soal  Kosakata dan Sinonim. Dan  untuk antonim, analogi dan wacana akan admin share pada kesempatan lainnya hehe.
 
Seperti yang kita lihat,  Kosakata dan Sinonim masuk ke dalam kategori Kemampuan Verbal dengan jumlah soal 11 nomor. Meskipun hanya 11 nomor, tapi jika semuanya dijawab dengan benar, maka kamu akan mendapatkan nilai 44 dan tinggal mengumpulkan 29 nomor lagi untuk memenuhi nilai mati.
 
"Katanya biar bisa menjawab soal verbal harus menghafal kamus dan bahasa asing ya kak?"
 
Tentu saja tidak. Tapi ada beberapa trik agar kamu bisa menyelesaikannya dengan cepat.
 
Kosakata dan Sinonim
 
Pada umumnya, kosakata dan sinonim hampir sama. Bedanya, Kosakata mencari arti dari kata tersebut dan sinonim mencari persamaan dari kata tersebut. Tes ini ditujukan untuk mengukur tingkat kewaspadaan dan kecermatan terhadap suatu indikasi yang sama atau mirip, mengukur wawasan, dan pengetahuan para peserta tes tentang kata-kata yang artinya hampir sama. Tugas peserta tes adalah mencari kata yang sama atau mirip dengan kata yang tersedia.
 
Jika peserta tes tidak mengenal kata yang tersedia atau terdapat lebih dari satu jawaban yang dirasa benar, maka coba gunakan kata tersebut dalam kalimat yang paling umum, kemudian ganti kata tersebut dengan pilihan yang ada pada soal. Pada umumnya, soal jenis ini (sinonim) sekitar 53% adalah kata serapan dari bahasa asing dan bahasa daerah, 17% merupakan istilah-istilah pada dunia teknik, kedokteran, sains, pertanian, dll. Sisanya adalah istilah-istilah yang sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari.
 
Lalu apa trik untuk menjawab kosakata dan sinonim?
 
1.    Soal sinonim dari kata serapan dapat diidentifikasi dengan cara jangan memilih jawaban yang memiliki kemiripan bunyi, baik di awal maupun akhir suku kata.
2.    Banyak membaca Koran dan artikel. Jika menemukan kata yang asing, cari artinya di kamus. Dengan kata lain, kamu tidak harus menghafal semua isi kamus, tapi memahami kata-kata yang sering muncul.
3.    Latihan mengerjakan soal-soal sinonim. Dengan banyak latihan mengerjakan soal, kata yang kamu ingat akan semakin banyak. Iya kan?
4.        Memahami makna kata dari imbuhan prefix (imbuhan awal) dan suffix (imbuhan akhir)
 
Latihan mengerjakan soal-soal sinonim. Dengan banyak latihan mengerjakan soal, kata yang kamu ingat akan semakin banyak. Iya kan?
Memahami makna kata dari imbuhan prefix (imbuhan awal) dan suffix (imbuhan akhir)
 
Diantara tips diatas, adik-adik mungkin masih asing dengan prefix dan suffix. Nah, ini adalah beberapa Prefix dan suffix yang sering digunakan dalam Tes Potensi Akademik. Jangan lupa di catat ya :D
 
Prefix
adalah imbuhan yang terletak di awal kata. Proses awalan (prefiks) ini di sebut prefiksasi (prefixation). Berdasarkan dan pertumbuhan bahasa yang terjadi, maka awalan dalam bahasa indonesia dibagi menjadi dua macam, yaitu imbuhan asli dan imbuhan serapan, baik dari bahasa daerah maupun dari bahasa asing
 
Suffix
Adalah imbuhan yang terletak di akhir kata. Dalam proses pembentukan kata ini tidak pernah mengalami perubahan bentuk. Proses pembentukannya di sebut safiksasi (suffixation)
 
Pada intinya, banyak-banyaklah latihan. Jika banyak latihan, maka kalian juga mengingat banyak istilah-istilah yang sering muncul.
 
Semoga postingan ini bisa membantu dan menambah peluang adik-adik yang membacanya untuk bisa lulus USM PKN STAN~

 

 
 

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information