BLOG & ARTIKEL

TAHAP – TAHAP USM PKN STAN

Berikut adalah beberapa berkas yang harus disiapkan sebelum mendaftar :

  1. Ijazah atau Rapor Semester I s/d V SMA atau sederajat.
  2. KTP / SIM / Kartu Keluarga / Surat Keterangan / Paspor
  3. Foto
     

1. TAHAP PENDAFTARAN
 
REGISTRASI MELALUI PORTAL KEMENTERIAN PAN-RB

  • Masuk ke Portal pendaftaran kementerian PAN-RB (Situs Website setiap tahun berbeda), baca dan pahami semua penjelasan di semua halaman yang ada.
  • Buka formulir Pendaftaran, isikan nomor NIK, Nomor Kartu Keluarga, dan Kode di layar (captcha) dengan benar.
  • Akan terbuka halaman pendaftaran, masukan alamat email yang aktif, kata kunci/passpord baru untuk pendaftaran ini dan kode di layar (captcha) dengan benar
  • Akan terbuka halaman pemberitahuan “Registrasi Berhasil” dan akan terunduh otomatis lembaran/ “struk” bukti registransi yang berisi insturksi langkah selanjut yang harus diikuti calon penaftar. Lembaran bukti ini harus disimpan, baik dalam bentuk cetak/print dan berkas/”file”nya.
  • NIK dan PASSWORD yang telah dibuat akan digunakan untuk login ke portal pendafaran SPMB PKN STAN (setiap tahun Situs website berbeda)


 
REGISTRASI MELALUI PORTAL SPMB PKN STAN

  • Login Pada Web Registrasi PKN STAN
  • Login pada web ini dengan menggunakan NIK dan Password yang telah di registrasikan pada Portal SSCN KEMENTERIAN PAN RB
  • Isi Data Pendaftaran
  • Mengisi data diri peserta, data pendidikan, data personal, data ujian dan pilihan spesialisasi
  • Unggah/Upload Dokumen Pendaftaran
  • Unggah/upload dokumen-dokumen pendaftaran : Reguler (Pasfoto,Ijazah/Raport dan Identitas diri) dan Afirmasi (Pas foto,Identitas,Rekomendasi dari kepala sekolah SMU/SLTA atau sederajat, (ijazah SD dan SMP) dan Ijazah/raport SMA atau Akta Kelahiran,KTP ayah atau ibu kandung,Surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan /kepala desa
  • Kunci data Pendaftaran
  • Setelah mengunci data, data pendaftaran dan dokumen-dokumen pendaftaran tidak dapat diubah
  • Pembayaran dan Cetak BPU
  • Cetak BPU (Bukti Peserta Ujian) dapat dilakukan setelah pembayaran dianggap sah oleh bank


 

2. TAHAP VERIFIKASI
 

Seluruh berkas yang didapatkan dan digunakan saat melakukan pendaftaran online, wajib dibawa. Meskipun tidak dibutuhkan kemampuan otak dan kemampuan fisik nyatanya banyak yang gagal pada tes ini. Di tes ini akan dicek semua berkas apakah sudah memenuhi seluruh persyaratan atau belum.

 

Tahun 2018 pemberkasan ini hanya berselisih 2 jam sebelum tes Tertulis. Jadi jadwalnya pada hari yang sama dengan jadwal tes tertulis.

 

Oiya satu lagi. Jangan sampai salah jadwal!

 

Jaga seluruh berkas yang bersangkutan untuk keperluan USM PKN STAN. Beberapa kejadian ada yang ijazahnya rusak atau dompetnya hilang (seluruh kartu identitas didalam situ) dan akhirnya tidak bisa ikut Tes Selanjutnya.

 

3. TAHAP TES TERTULIS
 

Banyak yang setuju ini adalah tes terberat saat USM PKN STAN. Kemampuan otak, konsentrasi yang baik dan Fokus yang tinggi sangat dibutuhkan disini. Harus banyak latihan soal dan belajar rutin. Mulai tahun 2018 Tes Tertulis menggunakan Sistem CAT. Tes Tertulis yang diujikan ada 3 jenis. Yaitu :

 

SELEKSI KEMAMPUAN DASAR
Dalam SKD, seperti halnya seleksi CPNS, ada tiga kelompok soal yang harus dikerjakan oleh peserta, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

 

Salah satu tahapan dalam seleksi calon mahasiswa/taruna sekolah atau perguruan tinggi kedinasan (PTK) adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), seperti halnya yang harus ditempuh oleh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

 

Seleksi ini menggunakan sistem Computer Assissted Test (CAT), dan diberlakukan ambang batas kelulusan (passing grade) untuk bisa lolos ke seleksi lanjutan.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, (https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/mau-masuk-sekolah-kedinasan-pelamar-harus-lolos-tiga-tahapan) penerimaan calon mahasiswa/taruna sekolah kedinasan tahun 2018 ini diatur dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 22/2018.

 

TES POTENSIAL AKADEMIK
Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual. Karena mengungkap kualitas intelektual, maka tinggi/rendah-nya nilai TPA sering dihubungkan dengan tinggi/rendah-nya tingkat kecerdasan. TPA sesungguhnya merupakan versi Indonesia dari tes GRE atau Graduate Record Examination. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada GRE.

 

TES BAHASA INGGRIS
Bahasa Inggris kerap menakutkan para pendaftar CPNS karena soal Bahasa Inggris dinilai sulit dan komprehensif. Namun bila Anda terus belajar sejak dini, maka soal Bahasa Inggris bukanlah soal yang terlalu sulit. Soal Bahasa Inggris yang kerap keluar dalam ujian CPNS sebagian besar berupa soal structure and written expression dan Reading Comprehension.

 

Total dari seluruh soal adalah 180 Soal. Ingat di TES TERTULIS diberlakukan sistem NILAI AMBANG BATAS.

 

Bawa perlengkapan sendiri, bawa papan jalan, jangan pakai pensil mekanik, tidak boleh memakai jam tangan, datang tepat waktu. Yang paling penting Jangan Menyontek!

 

Kalau kalian sudah dinyatakan Lolos di tahap tertulis saat pengumuman yang keluar nanti hanya tinggal menunggu pengumuman lolos. Tapi apabila kamu memilih jurusan bea cukai, maka akan ada tes tambahan. Yaitu Tes Kesehatan & Kebugaran.

 

4. TAHAP TES KESEHATAN DAN KEBUGARAN
 

Apabila kamu ada memilih Jurusan Bea Cukai saat mendaftar online, maka kemungkinan nama kamu akan ada di dalam daftar calon mahasiswa yang mengikuti tes ini. Tapi tidak semua yang memilih jurusan bea cukai akan dipanggil untuk mengikuti tes ini, yang namanya tidak dipanggil untuk mengikuti tes ini padahal ia memilih bea cukai sebagai jurusannya berarti dia sudah dinyatakan gagal untuk prodi Bea Cukai tapi belum tentu gagal di prodi lainnya yang ia pilih.

 

Tes Kesehatan dan Kebugaran dilakukan bersamaan. Disini yang dites adalah Fisik kalian. Makanya kaka admin sarankan sudah jauh-jauh hari latihan, seperti lari setiap pagi atau sore. Jangan pas ketauan lolos tes tertulis baru latihan, nanti badannya kaget. Akhirnya malah gak bisa ikut tes lari.

 

Di Tes Kesehatan ini akan di cek semuanya mulai dari :

- Tinggi badan

- Berat Badan

- Tensi darah (usahakan jangan tegang biar gak tinggi tensinya)

- Tes Mata (buta huruf)

Pada saat di cek dokter, kalian akan ditanya-tanya oleh dokternya seputar kesehatan kalian mulai dari :

- Pernah punya penyakit apa?

- Pernah patah gak?

- dan ambeyen? Dst ...

Sebenarnya ada tes buta warna tapi terkadang dokternya gak ngetes loh haha

 

Kalo pernah patah dan ambeyen atau bekas operasi gimana?

Pengalaman alumni smartpro yang pernah patah tulang, pernah operasi, dan punya ambeyen mereka bisa masuk ke STAN. Berarti bisa disimpulkan ini tidak terlalu berpengaruh.

 

Tes Kebugaran

Lalu setelah kalian selesai dari tes kesehatan dan dinyatakan layak tes kebugaran kalian akan dibawa atau dipandu oleh panitia untuk kelapangan, Biasanya lapangannya itu berukuran 400m.

Ada dua tes lari kebugaran :

- Lari 12 Menit : Mengelilingi lapangan sebanyak-banyaknya dengan waktu 12 menit. Untuk laki-laki minimal dapat 6 putaran. Untuk perempuan minimal 4 putaran. Usahakan lebih. Semua sikap saat berlari akan dinilai oleh pengawas. Usahakan tetap berlari, jangan berjalan.

- Lari shuttlerun : Lari membentuk angka 8. Nanti ada 2 tiang yang jaraknya 10 meter. Lari 3 putaran dengan waktu secepat-cepatnya. Laki-laki normal 18 detik. Perempuan 21 detik.

 

Jarak waktu Tes Lari 12 menit dan Lari shuttlerun kira-kira 2-5 menit. Bisa digunakan untuk bernapas. Jangan jongkok. Lurusan kaki dulu. Gunakan waktu untuk pendinginan.

 

Sejak tahun 2018, ada tambahan untuk tes kebugaran yaitu Push up, Sit up, Pull up. Untuk perempuan Pull up nya diganti menjadi chinning.

 

SMARTPRO EDUCATION mempunyai satu program bimbingan belajar yang dapat membantu calon peserta USM PKN STAN untuk dapat Lolos Seluruh Tahapan USM PKN STAN. Dengan pertemuan banyak, Garansi uang apabila tidak lulus, dibimbing diseluruh tahapan USM PKN STAN. Cek Programnya disini :)

 

Semoga tulisan ini dapat membantu dan memberikan gambaran kepada adik-adik Pejuang PKN STAN. SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT :D

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information