BLOG & ARTIKEL

TAHAP-TAHAP USM PKN STAN 2016

Apabila semua persyaratan dan prosedur pendaftaran USM PKN STAN sudah terpenuhi, maka adik-adik akan menghadapi beberapa tahap Tes USM PKN STAN 2016. Seluruh Tahap TES USM PKN STAN itu sangat berkaitan ya. Apabila tidak lulus disalah satu TES maka tidak akan dapat melanjutkan TES berikutnya dan dianggap gugur dalam TES USM PKN STAN. Tahap-Tahap USM PKN STAN 2016 Antara lain :
 
TES PEMBERKASAN
 
 
Tes ini adalah tes tahap pertama yang akan dilalui perserta. Meskipun tidak dibutuhkan kemampuan otak dan kemampuan fisik nyatanya banyak yang gagal pada tes ini. Di tes ini akan dicek semua berkas apakah sudah memenuhi seluruh persyaratan atau belum. Persyaratan USM PKN STAN 2016 bisa di cek disini
 
Tes ini akan dijadwalkan sesuai nomor yang kalian dapatkan di surat BPO (Bukti Pendaftaran Online). Kalau kalian dapat jadwal pagi, usahakan dapat subuh. Kalau dapat jadwal siang, usahakan datang lebih awal, biar greget datang subuh juga hehe. Soalnya nanti disana bakal ngambil nomor urut lagi, jangan sampai dapat nomor urut yang besar. Pengalaman kaka datang kesiangan sekitar jam 2 sore dan baru bisa pulang jam setengah 9 malam. Sedih :( 
 
Oiya satu lagi. Jangan sampai salah jadwal!
 
Kalau sudah dinyatakan lolos TES PEMBERKASAN, kalian akan mendapat BPU (Bukti Peserta Ujian). Bawa berkas tersebut untuk Tes Tahap Selanjutnya.
 
Jaga seluruh berkas yang bersangkutan untuk keperluan USM PKN STAN. Beberapa kejadian ada yang ijazahnya rusak atau dompetnya hilang (seluruh kartu identitas didalam situ) dan akhirnya tidak bisa ikut Tes Selanjutnya.
 
TES TERTULIS
 
Banyak yang setuju ini adalah tes terberat saat USM PKN STAN. Kemampuan otak, konsentrasi yang baik dan Fokus yang tinggi sangat dibutuhkan disini. Harus banyak latihan soal dan belajar rutin. Tes  Tertulis yang diujikan ada 2 jenis. Yaitu :
 
1. TES POTENSIAL AKADEMIK 
Tes ini terdiri dari 120 soal, dengan waktu 100 menit. Beberapa bab yang dibahas meliputi : 
- Bilangan Bulat dan Pecahan
- Akar Pangkat Rasional
- Sinonim dan Pengelompokan
- Analogi, Wacana, Persamaan dan Pertidaksamaan
- Bidang Datar dan Bangun Ruang
- Waktu Jarak dan Kecepatan
- Perbandingan Skala dan Kesebangunan serta Himpunan
- Logical Reasoning (Analogi Argumen)
- Hitung Dagang dan Persentase
- Peluang dan Umur
- Statistika
- Pola Barisan Bilangan dan Huruf
- Baris dan Deret Aritmatika
- Analytical Reasoning
- Persamaan Garis Lurus
- Tabel dan Grafik, Deret Gambar.
 
2. TES BAHASA INGGRIS.
Tes ini terdiri dari 60 soal dengan waktu 50 menit. Beberapa bab yang dibahas meliputi : 
- To Be and Pronoun
- Tenses
- Passive Voice
- Clauses
- Question And Derivatives
- Comparison and Preference
- Concordance, Padallelism & Elliptical Contruction
- Modals & Preposition
- Infinitive & Gerund
- Particple & Appositive
- Conditional Sentence & Subjuntive
- Inversion, Redundancy & Causative
- Capita Selecta
- Reading Comprehension
 
Total dari seluruh soal adalah 180 Soal. Ingat di TPA dan TBI diberlakukan sistem NILAI MATI. Apa itu nilai mati? Bisa cek disini.
 
Bawa perlengkapan sendiri, bawa papan jalan, jangan pakai pensil mekanik, tidak boleh memakai jam tangan, datang tepat waktu. Yang paling penting Jangan Mencontek!
 
Kalau kalian sudah dinyatakan Lolos di tahap tertulis saat pengemuman yang keluar nanti. Maka kalian bisa lanjut di TES berikutnya.
 
TES KESEHATAN DAN KEBUGARAN
 
Tes Kesehatan dan Kebugaran dilakukan bersamaan. Disini yang dites adalah Fisik kalian. Makanya kaka admin sarankan sudah jauh-jauh hari latihan, seperti lari setiap pagi atau sore. Jangan pas ketauan lolos tes tertulis baru latihan, nanti badannya kaget. Akhirnya malah gak bisa ikut tes lari.
 
Di Tes Kesehatan ini akan di cek semuanya mulai dari :
- Tinggi badan
- Berat Badan
- Tensi darah (usahakan jangan tegang biar gak tinggi tensinya)
- Tes Mata (buta huruf)
Pada saat di cek dokter, kalian akan ditanya-tanya oleh dokternya seputar kesehatan kalian mulai dari :
- Pernah punya penyakit apa?
- Pernah patah gak?
- dan ambeyen? Dst ...
Sebenarnya ada tes buta warna tapi terkadang dokternya gak ngetes loh haha
 
Kalo pernah patah dan ambeyen atau bekas operasi gimana?
Pengalaman alumni smartpro yang pernah patah tulang, pernah operasi, dan punya ambeyen mereka bisa masuk ke STAN. Berarti bisa disimpulkan ini tidak terlalu berpengaruh.
 
Tes Kebugaran
Lalu setelah kalian selesai dari tes kesehatan dan dinyatakan layak tes kebugaran kalian akan dibawa atau dipandu oleh panitia untuk kelapangan, Biasanya lapangannya itu berukuran 400m. 
Ada dua tes lari kebugaran :
- Lari 12 Menit : Mengelilingi lapangan sebanyak-banyaknya dengan waktu 12 menit. Untuk laki-laki minimal dapat 6 putaran. Untuk perempuan minimal 4 putaran. Usahakan lebih. Semua sikap saat berlari akan dinilai oleh pengawas. Usahakan tetap berlari, jangan berjalan.
- Lari shuttlerun : Lari membentuk angka 8. Nanti ada 2 tiang yang jaraknya 10 meter. Lari 3 putaran dengan waktu secepat-cepatnya. Laki-laki normal 18 detik. Perempuan 21 detik.
 
Jarak waktu Tes Lari 12 menit dan Lari shuttlerun kira-kira 2-5 menit. Bisa digunakan untuk bernapas. Jangan jongkok. Lurusan kaki dulu. Gunakan waktu untuk pendinginan.
 
TES ASSESSMENT / WAWANCARA
 
Tes wawancara ini biasanya tes yang paling bikin peserta tegang. Soalnya katanya nanti berhadapan dengan orang yang pintar ilmu psikologi. Biar ketahuan mana peserta yang mempunyai motivasi tinggi dan peserta yang punya mental korupsi. Hayuluh. Kaka sarankan kalian jelas dan jujur setiap menjawab pertanyaan.
 
Beberapa pertanyaan saat Tes Wawancara / Assessment :
1. Tentang Deskripsi Diri
2. Tentang Pengalaman Organisasi dan Kepanitian
3. Tentang Prestasi
4. Tentang Motivasi Masuk PKN STAN
5. Tentang Sikap dan Kejujuran
 
Pada saat USM PKN STAN 2015 sih tahap Tes Assessment dan Wawancara ditiadakan. Tapi kita tidak tahu untuk USM PKN STAN 2016 ada atau tidak. Maka dari itu apa salahnya kalau dipelajari dulu ya kan?
 
 
SMARTPRO EDUCATION mempunyai satu program bimbingan belajar yang dapat membantu calon peserta USM PKN STAN untuk dapat Lolos Seluruh Tahapan USM PKN STAN 2016. Dengan pertemuan banyak, Garansi uang apabila tidak lulus, dibimbing diseluruh tahapan USM PKN STAN 2016. Cek Programnya disini :) 
Semoga tulisan ini dapat membantu dan memberikan gambaran kepada adik-adik Pejuang PKN STAN. SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT :D
 

 

 

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information