BLOG & ARTIKEL

Rayakan Hari Statistika Sedunia, Yuk Simak Pengertian Statistika Lengkap Ini!

Sobat Stanners suka dengan statistika? Wah, mendengar namanya saja mungkin membuat kepala Sobat Stanners sakit seketika. Ya, cabang ilmu yang satu ini kerap dihindari oleh sebagian siswa karena dikenal menyimpan banyak rumus yang membuat pusing dalam sekejap.

Hasil gambar untuk statistika

Tapi tunggu dulu, Sobat Stanners. Fakta-fakta berikut ini dijamin tidak akan membuat kamu stres, kok. Justru bisa saja fakta menariknya membuat kamu berminat melirik bahkan mendalami ilmu ini. Well, who knows. Kita langsung simak saja, yuk, pengertian statistika lengkap di bawah ini, mulai dari arti, manfaat, persepsi, hingga hari perayaannya!

Apa Itu Statistika?

Jika mau mengulas pengertian statistika lengkap, tak lepas dari apa manfaatnya bagi kita. Sebenarnya, untuk apa statistika ada? Mengapa statistika menjadi cabang ilmu yang penting dalam kehidupan manusia?

Mudahnya, secara umum, statistika dapat membantu Sobat Stanners untuk menebak apakah Sobat Stanners akan diterima di Universitas Harvard atau tidak. Selain itu, pihak lain yang juga sering menggunakan statistika antara lain sebagai berikut:

  1. Para pemasar yang menggunakan statistika untuk menjual celana yang bagus
  2. Netflix menggunakan statistika untuk memprediksi jenis acara apa yang mungkin ingin kita tonton berikutnya
  3. Sebagian dari kita pun menggunakan statistika ketika melihat ramalan cuaca untuk membantu memutuskan pakaian apa yang akan dikenakan – gaun atau celana jins
  4. Para pembuat kebijakan menggunakannya untuk memutuskan apakah akan lebih banyak berinvestasi pada pendidikan anak usia dini atau tidak, atau justru alokasikan dana lebih banyak untuk pelayanan kesehatan mental
  5. Pada intinya, statistika adalah tentang memahami data dan mencari tahu bagaimana cara menggunakan informasi tersebut.

Persepsi Mengenai Mean (Rata-Rata) pada Statistika

Konsep penghitungan statistika yang paling sering kita gunakan adalah mencari rata-rata atau mean. Jika Sobat Stanners ditanya, berapa rata-rata jumlah kaki yang dimiliki oleh manusia? Ternyata jawabannya bukan 2! Ya, tapi sedikit kurang dari itu.

Kenapa? Karena terdapat sebagian kecil orang yang memiliki kaki kurang dari dua. Jadi faktanya, jika Sobat Stanners memiliki dua kaki, kamu telah memiliki jumlah kaki lebih banyak di atas rata-rata, lho!

Contoh lain, jika guru Sobat Stanners memiliki uang senilai Rp100.000 sementara teman kamu memiliki uang Rp200.000 maka rata-rata uang kalian adalah Rp150.000. Nilai tersebut diperoleh dari hasil penjumlahan antara 100.000 dengan 200.000 yang dibagi dua.

Ya, konsep dari menghitung rata-rata adalah dengan menjumlahkan seluruh nilai yang ada dibagi dengan banyaknya jumlah data. Selanjutnya, meskipun kalian memiliki uang rata-rata Rp150.000, bukan berarti kalian berdua bisa sama-sama membeli barang seharga Rp150.000!

Hal tersebut dikarenakan sebenarnya di saku kamu hanya tersedia uang senilai Rp100.000. Dari contoh tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai rata-rata dari suatu data hanya memberi tahu kita tentang kondisi data secara keseluruhan, akan tetapi tidak memberitahu kita informasi mengenai data secara individu.

Perayaan Hari Statistika Sedunia

Jika Sobat Stanners mempelajari lebih dalam pengertian statistika, kamu bisa menemukan manfaat-manfaat lain dari statistika yang sangat penting bagi kemajuan hidup manusia. Saking pentingnya, PBB sampai mencetuskan adanya Hari Statistika Sedunia. Perayaan ini secara resmi ditetapkan pada tahun 2010 dan dirayakan setiap 5 tahun. Hari Statistika Sedunia pertama kali dirayakan pada 20 Oktober 2010.

Keberadaan Hari Statistik Dunia digunakan untuk menyoroti pentingnya kumpulan data yang dapat diandalkan dan tepat waktu guna pengambilan keputusan oleh pemerintah maupun individu.

Hari itu juga difungsikan untuk mempromosikan hak atas informasi publik dan meningkatkan kesadaran investasi teknis yang dapat membantu dalam proses pengumpulan data. Pentingnya data yang tepat waktu dan dapat diandalkan berarti tidak ada yang tertinggal sehingga para pembuat kebijakan dapat mengatasi tantangan di negaranya, seperti pendidikan, perubahan iklim, dan kebutuhan sosial dengan lebih baik.

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang perayaan Hari Statistika Sedunia:

  1. Hari Statistika Dunia yang kedua dilaksanakan pada tahun 2015 dengan tema “Data Lebih Baik, Hidup Lebih Baik.”
  2. Baru pada abad ke-19 statistika mulai memasukkan semua hal yang berkaitan dengan pengumpulan, ringkasan, dan analisis data. Sebelumnya, data biasanya hanya digunakan untuk keperluan militer dan pajak klaim.
  3. Salah satu keuntungan utama menggunakan statistika adalah kita dapat melacak tren yang sedang berlangsung dan juga melacak pola penggunaan suatu produk. Sulitnya, tidak semua data dapat dipahami dengan mudah. Dibutuhkan ahli yang memang mampu menafsirkan informasi dari data tersebut.
There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information