BLOG & ARTIKEL

PKN STAN, Kampus Anti Korupsi

 
Perlawanan terhadap korupsi sudah sewajarnya dilakukan terus karena mudarat yang timbul akibat korupsi demikian buruk. Semangat antikorupsi, terlebih lagi dalam diri siswa, akan tetap bagus jika tertanam sejak dini, sehingga ketika memasuki dunia kerja, pandangan dan tindakan antikorupsi mudah diterapkan. Pendekatan itu juga yang setidak-tidaknya gencar dilakukan di Cina, pendidikan antikorupsi sejak dini. 
Untuk mengakomodasi penyadaran yang lebih dini akan antikorupsi, Bidang PA-STAN adakan kuliah umum antikorupsi. Tema yang diambil adalah “Upaya Mencegah dan Menangkal Perilaku Korupsi”.Selain kuliah umum anti korupsi, STAN juga sudah beberapa kali mengadakan sosialisai anti korupsi, bahkan pernah mengadakan Anti Corruption Carnival pada bulan Juni 2015 lalu.

Tidak hanya itu, STAN juga mempunyai salah satu Elemen Kampus  yang berkarya di ranah pencegahan korupsi. Yang lebih dikenal dengan SPEAK (SPESIALISASI ANTI KORUPSI). Yang mana terdapat 5 Direktorat didalamnya yaitu ;
1. Direktorat Pendidikan Direktorat ini bertugas memberikan pengetahuan kepada mahasiswa STAN pada khusunya dan masyarakat luas pada umumnya tentang seluk beluk korupsi dan bagaimana cara mencegahnya bahkan bagaimana pemberantasannya (Dalam perang kita harus mengenali dulu siapa musuh kita). Diharapkan selain hanya memberikan pengetahuan teoritis, direktorat ini mampu memberi suatu ilmu yang aplikatif atau dapat benar-benar diimplementasikan secara nyata baik melalui kajian atau Training. Kegiatan yang diadakan bertujuan untuk membentuk insan akademis yang berintegritas, berwawasan luas serta mampu menjadi solusi atas permasalahan korupsi yang merajalela di negeri ini.

2. Direktorat Hubungan Luar Negeri dan Pendanaan Biasa disingkat Lupen. Direktorat ini dapat dibagi lagi menjadi sub direktorat hubungan luar negeri dan sub direktorat pendanaan. Direktorat ini punya 2 tugas utama, Yaitu menjalin kerja sama dengan organisasi, komunitas, instansi atau universitas lain dan memberikan dukungan finansial untuk SPEAK. Tujuannya adalah untuk memperluas jaringan dan memperluas gerakan antikorupsi (target utama adalah PTK) serta meningkatkan kualitas dan kapasitas kegiatan.

3. Direktorat Penelitian dan Pengembangan Biasa disingkat Litbang. Direktorat ini bisa disebut PPSDMnya SPEAK. Kegiatan bisa meliputi pelatihan menulis, pelatihan public speaking dsb. Namun di luar dari itu direktorat ini juga memiliki tugas untuk melakukan penelitian terhadap fakta-fakta yang belum pernah dikaji dan mengolahnya menjadi informasi yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat luas.

4. Direktorat Informasi dan Propaganda Bisa disingkat Improv atau Mazda. Ini merupakan direktorat baru di SPEAK. Melalui direktorat inilah kegiatan SPEAK diumumkan. Serta produk-produk SPEAK dipublish ke publik. Ada beberapa media yang harus dikelola, sekurang-kurangnya adalah Facebook, Blog dan Majalah. Lebih dari itu diharapkan SPEAK memiliki MASTERPIECES yaitu sebuah buku yang dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas. Yang perlu digaris bawahi di sini, direktorat ini tidak hanya menyampaikan informasi namun juga menjadi media propaganda yang benar-benar mampu memberikan pengaruh terhadap perilaku dan pola pikir.

5. Direktorat Dalam Negeri Biasa disingkat Dagri. Direktorat ini sudah ada sejak tahun lalu, namun mengalami pergeseran fungsi. Direktorat ini bertugas menyelenggarakan urusan internal SPEAK, yang meliputi: Pengelolaan Aset, Pengadaan Aset, Pengelolaan Database, Pembuatan jaket/kaos dsb. Selain itu direktorat ini bertanggungjawab untuk meningkatkan teamwork, kesholidan dan kekeluargaan di SPEAK.
 
 

 

 
 

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information