BLOG & ARTIKEL

Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berbasis Android

Pondok Aren – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerjasama dengan PKN STAN dan Komunitas UMKM Sahabat Pajak (USP) mengadakan kegiatan bazar produk UKM dan Workshop dengan tema “Cara Mudah Penyusunan Laporan Keuangan dengan Smartphone (Aplikasi Akuntansi UMKM Berbasis Android)” di Gedung I Lantai 1 Kampus PKN STAN Bintaro, Sabtu (3/3-2018).

Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berbasis Android

Menurut Kepala KKP Pratama Pondok Aren, Sunarko mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan membantu para sahabat UMKM di wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) agar mampu memgelola keuangan usaha serta menyusun laporan keuangan dengan baik.

“Kami mengundang beberapa pengurus UMKM di Kota Tangsel untuk mengikuti workshop ini agar para UKM ini mampu mengelola keuangan usaha serta menyusun laporan keuangan dengan baik,” katanya saat ditemui awak media.

Kegiatan ini dihadiri oleh 11 komunitas yang bersinergi, semuanya UMKM saling membantu memfasilitasi para sahabat UMKM Tangerang Selatan (Tangsel) dan sekarang diadakan latihan pembukuan dan marketing On Line.

Sunarko berharap mereka bisa untung dan bisa berkontribusi kepada Negara dengan Pajak, karena Negara kita 70 % pembiayaan didapatkan dari pajak.

“Contoh bantuan Gempa Banten berasal dari pajak 70%, intinya harus saling berbagi kepada sesama untuk membangun Republik ini dengan taat pajak,” ujar Sunarko.

Selain itu, diadakan bazar di lingkungan kampus PKN STAN Bintaro yang bermanfaat untuk pengenalan produk-produk UKM Kota Tangsel kepada masyarakat kampus dan bisa berbelanja dan mengkonsumsi sehingga pendapatan keluarga bisa bertambah dan semakin meningkat.

Dengan membuat laporan management keuangan dengan mudah bisa memperhitung kan berapa gaji dari para pelaku UMKM itu sendiri dan juga bisa memperhitungkan antara gaji dan belanja keluarga.

Salah satu UKM Kota Tangsel dan juga Owner Sambel dan Nasi Bakar La Rica Koe, Runik Muchtar mengatakan trainer aplikasi UMKM mengajarkan pembukuan dengan aplikasi android pada smartphone. Aplikasi ini mudah diperoleh pada google playstore dan digunakan pada smartphone.

“Aplikasi ini bagus untuk mempermudah pembukuan dan juga diajarkan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi umum,” ujarnya singkat, salah satu UKM Tangsel berlokasi di Villa Dago Pamulang Kota Tangsel.

Sementara Plt. Kadis. Koperasi Dan UKM Kota Tangsel, Drg. Dahlia Nadaek yang hadir dalam pembukaan workshop mengatakan kegiatan ini yang sangat perlu sekali dipelajari oleh para pelaku UMKM, sehingga mereka menjadi pelaku bisnis yang handal dan profesional.

“Saya berharap para UMKM khususnya UKM Kota Tangerang Selatan, kita ini semakin berdaya saing di pasar bebas dan sekaligus menjadi warga negara yang taat Pajak,” ujar Dahlia Nadaek yang berbusana Batik Tangsel hasil Karya UKM Kota Tangsel.(*/Isone)

 

sumber

There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information