BLOG & ARTIKEL

Mengenal Apa Itu Nilai Mati Pada USM PKN STAN?

Nilai mati? Apa itu nilai mati? Apa kalau kita dapat nilai itu kita jadi mati? Eh kok serem ya ... haha
 
Tenang ajah kok. Nilai mati itu hanya sekedar istilah. Mungkin adik-adik pernah mendengar apa itu nilai mati. Dan tidak kaka admin pungkiri bahwa mungkin sebagian dari kalian atau adik sendiri masih kurang paham dengan istilah tersebut. 
 
Jadi di kesempatan kali ini kaka admin akan menjawab beberapa pertanyaan tentang nilai mati pada USM PKN STAN yang sudah kaka rangkum sedemikian rupa :D
 
Yups capcus ...
 

Apa nilai mati itu?

 
NILAI MATI adalah minimal jumlah soal yang harus dijawab benar apabila ingin lulus pada tes tertulis USM PKN STAN. Melewati minimal jumlah soal benar dalam hal ini disebut dengan LULUS NILAI MATI. Nilai mati ini diberlakukan untuk TES POTENSIAL AKADEMIK dan TES BAHASA INGGRIS.
 

Berapa jumlah minimal soal yang harus dijawab benar (Nilai Mati)?

 
Perhatikan gambar dibawah ya...
Jadi ... Jumlah nilai mati adalah 1/3 dari Jumlah Soal. Untuk Tes Potensial Akademik yang soalnya berjumlah 120 Soal, maka sepertiga dari itu adalah 40 soal. Dan untuk Tes Bahasa Inggris adalah 20 Soal. Coba lihat gambar di atas. Yang berwarna merah itu adalah Nilai Mati. Usahakan jumlah soal yang kalian jawab benar di atas Nilai Mati agar dapat Lulus Nilai Mati. Kalau bisa sih benar semua hehe

Terus kalau dapat nilai mati bagaimana?


Kalau dapat nilai mati? Hmm ... Jangan sampe deh. Soalnya kenapa? Soalnya kalian tidak akan lulus. Lulus Nilai Mati adalah Syarat yang mutlak agar kalian lulus Tes Tertulis. Inget sekali lagi ya, Nilai Mati itu diberlakukan untuk kedua jenis soal yang ada di tes tertulis, di TPA dan TBI. Jadi apabila salah satu jenis soal tersebut ada nilai mati maka tidak lulus tes tertulis. Perhatikan lagi ilustrasi dibawah ini.

Kalau sudah Lulus Nilai Mati semua apa berarti kita bisa masuk ke tahap selanjutnya?


Nah ini nih. Perlu adik-adik sekalian ketahui. Bahwasanya telah Lulus Nilai Mati pada TPA & TBI tidak serta merta dapat menyatakan bahwa kalian bisa masuk ke tahap selanjutnya. Mengapa demikian? Karena STAN memakai sistem Skor. Peserta USM PKN STAN itu dari seluruh penjuru Indonesia, dan pasti bakal banyak yang Lulus Nilai Mati dengan nilai yang pas-pasan. Maka dari itu sistem Skor disini akan menilai yang terbaik.

Dari skor yang kalian dapatkan itu akan masuk dalam sistem per-Rangkingan nasional untuk menentukan Lolos atau tidaknya adik-adik ke Tahap Selanjutnya. Maka dari itu sekedar Lulus Nilai Mati saja tidak cukup, jadi berusahalah meraih nilai setinggi-tingginya dengan membanyak jumlah Benar pada soal yang kalian jawab nanti.

Intinya, kalau kalian bisa berhasil Lulus Nilai Mati berarti kalian masih ada kesempatan untuk ke Tahap berikutnya. Tapi kalau kalian ada Nilai Mati sudah dipastikan gagal USM PKN STAN.

Untuk Perhitungan Skornya Bagaimana?


Coba perhatikan hasil Tryout PKN STAN yang sudah diikuti oleh para Superhero di bawah ini :

 


Ketentuan :
Benar = +4
Salah = -1
Tidak Menjawab = 0

Kita ambil contoh dari hasil nilai Spiderman yah :

TPA Spiderman
Benar : 74 x 4 = 296
Salah  : 33 x (-1) = -33
Kosong : 13 x 0 = 0
Total Nilai TPA = 296 + (-33) + 0 = 263

TBI Spiderman
Benar : 55 x 4 = 220
Salah  : 5 x (1) = -5
Kosong : 0 x 0 = 0
Total Nilai TBI = 220 + (-5) + 0 = 215

Jadi, Total Skor yang didapat oleh Spiderman adalah ...
263 + 215 = 478.


Bagaimana adik-adik? sudah mengerti ya. Kalo ada yang ingin ditanyakan bisa langsung tulis di comment box. Terima kasih :D
 
 
 

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information