BLOG & ARTIKEL

Mengenal 6 Jenis Bidang Akuntansi

Hai, SobatSmartpro! Sudahkah kamu memutuskan akan melanjutkan kuliah di jurusan apa selepas lulus dari SMA nanti? Tentu saja ada banyak hal yang mungkin akan memengaruhi kamu dalam mengambil keputusan penting itu, mulai dari memilih berdasarkan jurusan yang paling ramai dengan peminat hingga memilih berdasarkan jurusan yang memiliki prospek karier paling cocok untukmu.

Bicara tentang jurusan yang paling ramai dengan peminat, bagi kamu yang berada di jurusan IPS saat SMA, tentu kamu tahu betul jurusan apa yang dimaksud—apa lagi selain jurusan-jurusan yang ada di dalam Fakultas Ekonomi! Setelah ditelusuri lagi, jurusan yang paling ramai peminat di Fakultas Ekonomi adalah jurusan akuntansi, lho! Apakah jurusan satu ini juga menjadi incaranmu, SobatSmartpro?

Sebelum betul-betul berkuliah di jurusan akuntansi, enggak ada salahnya bagimu untuk mencari informasi tambahan sebanyak-banyaknya tentang akuntansi, nih. Kali ini, Smartpro Video Blog akan memberikanmu informasi tentang enam jenis bidang akuntansi yang biasanya paling banyak diminati. Siap? Yuk, mulai!

 

1. Akuntansi Keuangan

Jenis bidang akuntansi yang dikenal juga sebagai financial accounting ini merupakan proses yang dimulai dengan pencatatan seluruh kegiatan finansial yang berkaitan dengan akuntansi seperti transaksi-transaksi yang terjadi hingga penyajiannya dalam bentuk laporan keuangan perusahaan.

Laporan yang dimaksud misalnya neraca, laporan laba rugi, hingga laporan perubahan modal atau laba. Banyak perusahaan kemudian mempublikasikan laporan keuangannya bagi para pemegang saham dan investor.

Jika bicara tentang akuntansi, kebanyakan orang akan merujuk pada bidang akuntansi satu ini, sehingga akuntansi keuangan dapat pula disebut sebagai akuntansi umum.

 

2. Akuntansi Pemeriksaan


Seiring dengan akuntansi keuangan, laporan-laporan yang dibuat di dalamnya kemudian harus diperiksa. Nah, kegiatan pemeriksaan ini lebih dikenal luas dengan sebutannya dalam bahasa Inggris, yaitu auditing.

Tujuan dari adanya akuntansi pemeriksaan ini ialah untuk memastikan keakuratan informasi akuntansi yang tersedia di dalam laporan keuangan agar data-data yang tersedia di dalamnya dapat dipercaya kebenarannya. Tidak hanya terkait dengan keakuratan data, akuntansi pemeriksaan juga akan memastikan data yang tersedia di dalam laporan sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang ada serta menilai seberapa efisien serta efektifnya suatu kegiatan.

 

3. Akuntansi Manajemen