BLOG & ARTIKEL

Management waktu bukanlah kunci untuk produktif, tapi ...

apakah yang terlintas di pikiran Anda saat ditanya mengenai cara meningkatkan produktivitas kerja? Pasti salah satunya adalah manajemen waktu. Time management memang dibutuhkan saat Anda ingin lebih efektif dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan tepat waktu. Mungkin dengan manajemen waktu yang baik, Anda dapat menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu yang sudah ditargetkan. Namun, lama-kelamaan Anda pasti akan merasa kelelahan dan semua target yang telah ditetapkan pun menjadi sia-sia karena Anda tidak punya tenaga yang cukup untuk menyelesaikannya. Untuk itu, mengatur energi adalah kunci yang harus Anda pelajari. Yuk, pahami 5 tips manajemen energi berikut untuk hidup yang lebih sukses.

 

1. Ketahui kegiatan apa yang dapat mengembalikan energi dan membuat Anda senang

Rekan Kerja, apa yang biasanya Anda lakukan saat hari libur? Apakah itu berlibur ke tempat baru atau sekadar menonton film favorit di bioskop? Setiap orang tentunya memiliki cara tersendiri untuk mengembalikan semangat dan energi mereka dalam bekerja. Cari tahulah aktivitas apa yang bisa memberikan Anda energi. Jangan membuang energi Anda dengan melalukan sesuatu yang tidak disukai dan perbanyaklah melakukan kegiatan yang selalu berhasil membuat Anda senang serta mampu mengembalikan energi Anda.

 

2. Tidur cukup dan berolahraga

Mungkin Anda sudah sangat sering membaca dua tips ini. Wajar saja, karena memang tidur yang cukup dan berolahraga adalah dua faktor utama untuk meningkatkan energi. Kurang tidur adalah penyebab dari bertambahnya berat badan, performa kerja yang buruk, dan lainnya. Jadi tidak mengherankan jika tidur memiliki efek yang besar bagi energi Anda. Jika Anda sudah merasa sering sakit dan mudah marah, cobalah untuk memperbaiki kualitas tidur Anda di atas 7 jam setiap harinya.

Setelah tidur, olahraga adalah hal terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan energi. Mulailah dengan latihan singkat pada pagi atau sore hari. Olahraga di pagi hari dapat memberikan dorongan energi ekstra untuk beraktivitas seharian, sedangkan olahraga di sore hari dapat meningkatkan energi yang telah berkurang di penghujung hari. Pastikan Anda juga meminum banyak air dan mengonsumsi makanan sehat. Meminum segelas air saat Anda merasa kehilangan energi adalah trik paling ampuh yang harus dicoba.

 

3. Bagikan energi kepada orang lain

Sebuah penelitian dalam buku The Power of Full Engagement: Managing Energy, Not Time, Is The Key to High Performance and Personal Renewal, mengungkapkan fakta bahwa orang yang memberikan energinya pada orang lain sebenarnya adalah orang-orang yang memiliki kinerja yang tinggi. Kok bisa? Saat memberikan energi pada orang lain, seseorang akan secara otomatis juga membuat dirinya menjadi lebih didengarkan dan diperhatikan keberadaannya oleh orang lain. Lebih dihargai, didengarkan, dan diperhatikan oleh orang lain akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan cepat selesai, serta pastinya menghemat energi Anda.

 

4. Membuat target yang ambisius, namun tetap realistis


Membuat tujuan dan target untuk pekerjaan yang sedang Anda kerjakan memang akan memberikan Anda energi. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menentukan target untuk diri sendiri. Membuat target yang terlalu mudah tidak akan memotivasi Anda dengan maksimal, sedangkan menetapkan target yang terlalu sulit atau tidak dapat dicapai pada akhirnya akan menurunkan semangat Anda. Membuat target besar dan ambisius, namun tetap rasional lebih berhasil memberikan Anda energi lebih untuk mencapainya.

 

5. Melakukan trik interval training

Rekan Kerja, tahukan Anda apa kesamaan yang dimiliki oleh orang-orang sukses, seperti miliarder, aktor sukses, atau atlit dunia? Menurut seorang Profesor dari Florida State University, K. Anders Erricsson, mereka memiliki kesamaan yaitu melakukan trik interval training. Para profesional ini membiasakan diri mereka untuk melatih produktivitas dengan fokus bekerja selama 90 menit yang kemudian diikuti dengan waktu istirahat. Nah, Anda juga bisa menerapkan pola ini dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah dengan membagi kegiatan Anda ke dalam skema 90 menit yang diikuti dengan jeda waktu istirahat selama 10-15 menit untuk menyegarkan kembali pikiran Anda. Beristirahat pendek akan membantu Anda mendapatkan energi dengan lebih baik sehingga membuat Anda menjadi lebih produktif.

Manajemen waktu penting dilakukan agar Anda dapat menyelesaikan semua kewajiban tepat waktu. Namun jangan hanya terpaku pada manajemen waktu, Anda juga harus belajar melakukan manajemen energi jika ingin lebih sukses dan produktif.

 

Created by : Shabrina Alfari 

sumber

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information