BLOG & ARTIKEL

Lakukan 5 Persiapan Ini Kalau Mau Lulus USM Tertulis & Tes STAN

Siapa yang tidak mau lulus masuk STAN. Pasti rata-rata anak SMA memiliki impian melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Keuangan tersebut. Nah, untuk SobatSmartpro yang ingin masuk ke STAN tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, khususnya untuk menghadapi ujian tertulis. Apa saja yang harus dipersiapkan? Yuk, simak artikel ini!

Mempelajari Penguasaan Bahasa Indonesia
Salah satu materi yang diujikan dalam ujian tertulis Ujian Seleksi Mandiri (USM) STAN ialah mengenai logika bahasa. Kamu nantinya akan menghadapi beberapa soal mengenai sinonim, antonim, dan analogi.

Biasanya, bagi peserta yang tidak mempersiapkan diri dengan pendalaman penguasaan bahasa Indonesia, akan menghadapi kesulitan. Untuk itu, kamu harus belajar penguasaan bahasa Indonesia.

Latihan paling mudah ialah dengan sering membaca. Baik itu novel, koran, majalah, hingga berita online. Dengan demikian, kamu akan memiliki pembendaharaan kata yang cukup banyak.

Selain itu, ada baiknya kamu akrab dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Terbiasanya kamu membuka KBBI akan memberikan banyak pemahaman makna akan suatu kata. Dari hal itulah kamu bisa mengidentifikasi sinonim, antonim, bahkan analogi suatu kata.

Kalau kamu ingin lulus ujian tertulis penguasaan bahasa Indonesia, maka kamu harus rajin membaca. Tentunya, rajin membaca tidak hanya membantumu lulus USM STAN tertulis saja. Kamu pun menjadi pribadi yang memiliki pengetahuan luas.

Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris
Kemampuan berbahasa Inggris pun harus kamu upgrade guys kalau ingin lulus USM STAN. Sebab, kemampuan bahasa Inggris merupakan salah satu materi yang diujikan.

Kiranya banyak cara untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris. Cara-cara itu seperti sering mendengarkan musik berbahasa Inggris. Seringnya mendengarkan musik tersebut melatih kepekaan penggunaan dan pengucapan suatu kata bahasa Inggris.

Selain itu, mendengarkan musik dengan membaca liriknya akan membantu kamu akrab dengan bahasa Inggris. Hal itu tentunya akan membuat otak kamu dapat memproses kata atau kalimat dalam bahasa Inggris lebih cepat.

Cara kedua ialah membaca artikel berbahasa Inggris. Tentunya kata-kata bahasa Inggris yang telah akrab bersumber dari lagu ataupun novel. Namun, banyak lho kata bahasa Inggris yang tidak kamu temukan di kedua media itu.

Biasanya, dalam artikel berbahasa Inggris, banyak kata asing bahasa Inggris yang baru kamu ketahui. Dengan sering membaca artikel berbahasa Inggris, kamu akan memperbanyak pembendaharaan kata.

Artikel itu bisa dari berbagai sumber lho. Seperti, majalah, koran, buku-buku, hingga media online bahasa Inggris. So, sekali lagi, the power of reading akan membantu kamu untuk lebih siap menghadapi USM STAN.

 

Mengasah Logika Berhitung
Salah satu materi ujian yang dirasa cukup sulit untuk dihadapi ialah materi matematika dan aritmatika. Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan mengasah logika berhitung.

Persiapannya cukup sederhana, yakni perbanyak mengerjakan soal matematika logika dan aritmatika. Sekarang cukup banyak sumber yang bisa kamu akses untuk mendapatkan contoh soal seperti ini, salah satunya ya Smartpro Video.

Dengan mengakses Smartpro Video, kamu akan mendapatkan ragam contoh soal yang akan membantumu belajar. Seringlah melatih diri dengan contoh soal itu. Dengan begitu, kamu akan terbiasa menghadapi berbagai macam jenis soal matematika dan aritmatika.

Adapun, melatih diri dengan contoh soal akan membantumu melatih manajemen waktu pengerjaan soal. Sebab, materi ini seringkali memakan waktu pengerjaan oleh para peserta USM STAN.

Kamu bisa mengukur seberapa cepat kamu mengerjakan soal matematika dan aritmatika ini. Semakin cepat dan akurat kamu mengerjakannya maka semakin mudah kamu mengerjakan soal ujiannya nanti.


Perluas Wawasan Kebangsaan
Nah, perihal wawasan kebangsaan ini sering luput dipersiapkan oleh sebagian besar peserta USM STAN. Keluputan itu biasanya terjadi lantaran terlalu berpatokan pada bentuk ujian yang berasal dari psikotes-psikotes standar.

Kalau kamu ingin lulus USM STAN, maka kamu harus memiliki pengetahuan kebangsaan. Pengetahuan itu meliputi bidang hukum, politik, hingga ideologi kebangsaan.

Pasti SobatSmartpro sudah membayangkan akan sulit mempelajari pengetahuan kebangsaan, ya kan? Tenang saja, mempelajari pengetahuan kebangsaan tidak sesulit itu kok. Cara termudah memiliki wawasan kebangsaan ialah update dengan berbagai macam pemberitaan nasional.

Kamu harus sering membaca berita-berita politik, hukum dan HAM, dan berbagai peristiwa nasional lainnya. Membaca berita tentunya akan memberikan kamu wawasan dasar mengenai pengetahuan kebangsaan.

Setelah itu, kamu tinggal menambah wawasan dengan membaca berbagai macam buku pengantar undang-undang yang berlaku di Indonesia. Pengayaan pengetahuan itu akan membantumu memahami logika hukum dan berbagai peristiwa politik yang terjadi di Indonesia.

Biasanya, soal yang muncul pada USM perihal pengetahuan kebangsaan mengambil contoh peristiwa kekinian. Oleh sebab itu, kamu harus rajin membaca. Dengan membaca, kamu telah membuka jendela dunia.

Pelajari People Skill
Di dalam USM STAN terdapat materi kepribadian. Materi ini sebenarnya cukup sederhana dan mudah dikerjakan. Sebab, tujuan soal dengan materi ini ialah untuk mengetahui kepribadianmu.

Untuk dapat mengembangkan kepribadian dirimu, ada baiknya kamu belajar people skill. Kamu pasti pernah mendengar sedikit tentang people skill. Sederhananya, people skill adalah kemampuan komunikasi efektif dengan orang lain.

Dengan melatih kemampuan people skill-mu, kamu dapat dengan mudah mengerjakan materi kepribadian. Selain itu, menguasai kemampuan itu akan memberikan kamu cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Kira-kira itulah beberapa persiapan yang harus kamu lakukan sebelum mengikuti ujian tertulis USM STAN. Kalau kamu butuh contoh soal untuk latihan, kamu bisa mendapatkannya di Smartpro Video. Dengan mengakses berbagai contoh soal dan materi pembelajaran itu, impianmu menjadi mahasiswa STAN bisa terwujud. Semangat belajar ya SobatSmartpro!

Penulis: Muhammad Khairil

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information