BLOG & ARTIKEL

Kepoin Prospek Kerja Akuntansi Agar Kamu Tak Lagi Ragu!

kalian udah pernah nonton film The Accountant?

Film garapan sutradara Gavin O Connor tersebut sangat cocok bagi kalian terutama yang lagi serius kepoin prospek kerja akuntansi. Mengapa? Ya seperti judulnya, film rilisan 2016 silam tersebut mengupas satu sisi kehidupan seorang akuntan.

Well, bila kamu belum pernah nonton filmnya, intip ajah trailer-nya dulu di youtube.


The Accountant mengisahkan sepak terjang Christian Wolf, diperankan aktor kawakan Ben Affleck (mirip pesepakbola Robin van Persie), seorang akuntan pengidap Obsessive Compulsive Disorder (OCD) sedari kecil.

Cerita bermula ketika Wolf mendapat tawaran mengaudit keuangan sebuah perusahaan teknologi. Sang pemilik perusahaan menduga ada ketidakberesan di dalam pembukuan kantornya selama bertahun-tahun.

Wolf langsung bekerja menyelidiki tumpukan pembukuan di dalam ruang kaca. Ia sangat kaku, tak banyak bicara meski ditemani seorang perempuan akuntan perusahaan, dan perfeksionis.

Tiap menelusur laporan keuangan, Wolf langsung menghitung ulang angka-angka tersebut di papan tulis bahkan di kaca-kaca ruangannya hingga penuh coretan.

OCD ternyata membuatnya lebih fokus dan terperinci mencari tiap celah kekeliruan laporan keuangan perusahaan. Ia urung pulang sampai menemui ketidakseimbangan perhitungan.

Saat Wolf berhasil menemukan masalah di dalam laporan keuangan, justru serta-merta dirinya diberhentikan di tengah jalan. Salah satu petinggi perusahaan merasa terusik dengan temuannya. Tak hanya dipulangkan, Wolf pun ternyata mendapat ancaman pembunuhan.

Cerita semakin pelik karena Wolf bukan sembarang akuntan, tapi juga ahli beladiri dan pernah menjadi pasukan khusus militer Amerika. Scene-scene baku pukul dan tembak lantas semakin ramai hingga akhir film.

Di luar adegan action, The Accountant sangat mungkin menjadi perbendaharaan kalian menyimak cara kerja seorang akuntan. Di Indonesia, profesi seorang akuntan tak banyak dieksplorasi. Padahal ada beragam jenis akuntan. Penasaran apa saja prospek kerja akuntansi? Yuk, kepoin!

Akuntan Publik

Image result for Akuntan Publik
Prospek kerja akuntansi yang satu ini memerlukan izin Menteri Keuangan, bersertifikat CPA (Certified Public Accountants), dan menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) untuk bisa menjalankan jasanya sebagai akuntan publik.

Semua persyaratan tersebut sangat penting sebagai bentuk akuntabilitas dan independensi seorang akuntan publik untuk melakukan jasa pemeriksaan laporan keuangan, bantuan di bidang perpajakan, sistem informasi akuntansi, ataupun konsultasi manajemen.

Secara garis besar, terdapat dua jenis jasa akuntan publik, meliputi atestasi dan non atestasi. Atestasi merupakan jasa pemberian pertimbangan atau pendapat, seperti jasa review, prosedur, examination atau pemeriksaan, dan audit. Sementara non atestasi tidak ada pendapat maupun bentuk keyakinanan lainnya, seperti jasa perpajakan.

Merujuk survei National Association of Colleges and Employers (NACE) terhadap gaji di beberapa perusahaan besar Amerika pada 2018, lulusan baru S1 akuntansi di Amerika mendapat rata-rata gaji awal $ 50,833 pertahun atau sekitar 708 juta rupiah. Sedangkan di Inggris, fresh graduate jurusan ini mendapat gaji awal di angka $ 35,500 atau sekitar 494 juta rupiah per tahun. Sedangkan di Indonesia, besaran gaji sekira 7-10 juta bagi fresh graduate.

 

Auditor Internal

Image result for auditor internal
Bila akuntan publik bekerja paruh waktu atau berdasar kontrak jangka pendek dengan pengguna jasa, auditor internal justru bekerja terikat dalam satu perusahaan.

Di dalam film The Accountant, jelas peran Christian Wolf berfungsi sebagai akuntan publik sedangkan Dana Cummings (Anna Kendrick) bertugas sebagai auditor internal di dalam perusahaan teknologi tersebut.

Fungsi auditor internal di dalam perusahaan bertugas memeriksa atau mengaudit kinerja manajemen dan memastikan tidak adanya penyimpangan pada laporan keuangan perusahaan.

Auditor internal akan memberikan saran untuk memperbaiki manajemen sebuah perusahaan terutama berhubungan dengan tingkat kepatuhan operasional terhadap sistem pengendalian internalnya, terhadap berbagai regulasi, hingga konsep Good Corporate Governance.

Gaji seorang auditor internal di sebuah perusahan menurut laman jobstreet berada di kisaran 5-15 juta tergantung tingkatan posisi.

 

Analisi Keuangan (Financial Analyst)

Image result for Analisi Keuangan
Pekerjaan ini serupa penerjemah bahasa. Bila penerjemah bahasa mengalihbahasa dari bahasa satu ke bahasa lain, sementara financial analyst menerjemahkan informasi keuangan untuk dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan bisnis hingga pembuatan strategi bisnis.

Syarat menjadi seorang financial analyst harus mengantongi gelar CFA atau Certified Financial Analyst keluaran oleh CFA Institute setelah berhasil lulus ujian sebanyak 3 tingkat.

Secara spesifik, tugas analis keuangan meliputi penelitian serta analisis terhadap laporan keuangan terkait data atau informasi yang tersampaikan kepada manajer, mengatur dan mengontrol perputaran keuangan dalam setiap unit perusahaan agar tidak melebih budget dan sesuai dengan target perusahaan, serta mempersiapkan laporan keuangan verbal berkala yang akan disampaikan kepada manajer.

Seorang analis keuangan harus menguasai keterampilan dasar, seperti memahami proses pembuatan laporan keuangan, mampu menganalisa laporan keuangan, dan menyusun rencana strategi keuangan (pengeluaran kas, penerimaan kas dan penagihan).

Gaji seorang analis keungan atau financial analyst menurut indeed.com sekira 3,6-7 juta untuk fresh graduate.

 

Konsultan Pajak

Image result for konsultan pajak
Tiap perusahaan maupun perorangan memiliki kewajiban pajak sesuai dengan peraturan Undang-Undangan Perpajakan. Bila pihak tersebut tak memenuhi kewajiban maka sanksi tegas akan diberlakukan.

Masalahnya, tak semua pihak memiliki pemahaman cukup mengenai wajib pajak. Mereka sering kesulitan bahkan tak mengerti tentang kelalaiannya. Dibutuhkan seorang konsultan pajak agar pemenuhan kewajiban pajak terselenggara dengan baik.

Secara kewenangan, jasa konsultan pajak memiliki peran bukan hanya pihak pemberi saran-saran terhadap wajib pajak (WP), tapi juga bisa memberikan jasa pengurusan hak dan kewajiban perpajakan, melainkan jasa kepatuhan, perencanaan, periksa laporan, pendamping dan pemeriksaan, konsultasi, restitusi, dan penyelesaian sengketa pajak.

Gaji seorang konsultan pajak sangat beragam, tergantung jenis jasanya dan bekerja untuk perusahaan atau perseorangan.

 

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information