BLOG & ARTIKEL

Kenapa Pilih PKN STAN?

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli-tenaga ahli di bidang keuangan negara dengan spesialisasi tertentu seperti Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, dan Kepiutanglelangan.
 
 
Seperti yang telah kita ketahui, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) telah resmi berubah nama menjadi Politeknik Keuangan Negara PKN STAN (PKN PKN STAN) pada tanggal 15 Juli 2015 Nomor 137/PMK.01/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara PKN STAN.
 
Berdasarkan PMK Nomor 137 Tahun 2015, telah diatur bahwa ada 4 jurusan di PKN PKN STAN dan total ada 10 program studi dengan rincian sebagai berikut:
 
a. Jurusan Akuntansi, yang terdiri atas:
    1) Program Studi Diploma Empat Akuntansi; dan
    2) Program Studi Diploma Tiga Akuntansi.

b. Jurusan Pajak, yang terdiri atas:
     1) Program Studi Diploma Tiga Pajak;
     2) Program Studi Diploma Tiga Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai; dan
     3) Program Studi Diploma Satu Pajak.

c. Jurusan Kepabeanan dari Cukai, yang terdiri atas:
    1) Program Studi Diploma Satu Kepabeanan dan Cukai;.
    2) Program Studi Diploma Tiga Kepabeanan dan Cukai;.

d. Jurusan Manajemen Keuangan, yang terdiri dari:
    1) Program Studi Diploma Tiga Kebendaharaan Negara;
    2) Program Studi Diploma Tiga Manajemen Aset; dan
    3) Program Studi Diploma Satu Kebendaharaan Negara.

Yang perlu diperhatikan disini adalah jumlah pendaftar PKN STAN yang spektakuler. Pendaftarnya dapat mencapai ratusan ribu orang dan pada tahun 2007 yang mendaftar di PKN STAN kurang lebih 120.00 orang yang kemudian mencatatkan rekor MURI.


Lalu sebenarnya, apa sih kelebihan dari PKN STAN sampai pendaftarnya begitu melimpah ruah?

1. Kuliah Gratis.
Kalian tidak perlu membayar kuliah yang berkisar 5-7 juta per semester seperti di Universitas Lain. Kalian dapat kuliah gratis tanpa diungut biaya sedikitpun. Jika berkuliah di PKN STAN, kalian hanya tinggal duduk manis mengikuti kegiatan perkuliahan tanpa harus memikirkan berapa besar biaya yang harus kalian keluarkan selama menempuh pendidikan di PKN STAN. Selama berkuliah di PKN STAN, kalian tidak akan dipungut biaya apapun dari lembaga mulai kalian menginjakkan kaki di PKN STAN sampai lulus mendapatkan gelar.
 
2. Buku-buku kuliah disediakan secara gratis.
Tidak hanya pendidikan yang diberikan secara cuma-cuma di PKN STAN. Buku-buku penunjang lainnya mulai dari buku pegangan wajib sampai buku tulis diberikan secara cuma-cuma. Arti cuma-cuma disini adalah kalian tidak perlu membeli buku-buku referensi kuliah, semuanya dipinjamkan.
 
3. Spesialisasi yang ada di PKN STAN tidak dapat ditemui di kampus lain
Coba kalian cek satu-persatu, mungkin hanya spesialisasi akuntansi pemerintahan dan adminsitrasi perpajak saja yang bisa ditemui di kampus lain. Sebenarnya kedua spesialisasi tersebut juga memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan kampus lain. Untuk spesialisasi adminsitrasi pemerintahan, akuntansi yang diajarkan adalah akuntansi yang membahas sistem akuntansi pemerintah. Begitu juga dengan adminsitrasi perpajakan, di PKN STAN mahasiswa diajarkan mata kuliah bidang perpajakan melalui perspektif Fiskus (pihak berwenang yang memungut pajak) bukan dari perspektif wajib pajak (pembayar pajak) Selain itu, spesialisasi yang lainnya hanya bisa kalian temukan diPKN STAN. Artinya PKN STAN menyediakan sebuah program pendidikan yang lain daripada yang lain. Ini artinya akan membuka besar kesempatan beasiswa kuliah ke luar negeri karena ilmu lanjutan yang akan kalian pelajari tidak tersedia dengan baik di Indonesia.
 
4. Sarana dan Prasarana kuliah yang memadai
Ya walaupun kita notabene-nya sekolah gratis atau semuanya ditanggung pemerintah, tapi itu gak menjadikan kampus PKN STAN asal kampus. Kampus PKN STAN berdiri diatas lahan yang cukup luas. Dengan memiliki 6 gedung untuk kegiatan perkuliahan dan 12 gedung administrasi serta 1 gedung olahraga sebaguna, 93 ruang kuliah dengan kapasitas rata-rata 40 mahasiswa yang dilengkapi AC per ruang. Sebagai PTK sarana bagi mahasiswa cukup memenuhi standar.
 
5. USM PKN STAN ketat dan bersih dari permainan kotor
Tes USM PKN STAN adalah salah satu tes yang terkenal dengan keketatan persaingan yang tinggi dan bersih dari permainan kotor. Artinya dalam USM PKN STAN nanti yang benar-benar diuji adalah kemampuan otak kalian, tanpa mengandalkan kekuatan uang dan kekuasaan orang tua. Jika kalian memiliki segudang piagam penghargaan dan segudang prestasi sekaliber olimpiade sains tingkat manapun, maka penghargaan tersebut tidak dapat menjadi jaminan bagi mereka untuk dapat menjadi mahasiswa PKN STAN. Jika ingin menjadi mahasiswa PKN STAN jalannya hanya satu, yaitu lulus dalam USM PKN STAN. Dalam USMS TAN yang diukur adalah kemampuan kalian, bukan hanya prestasi kalian baik di bidang akademis maupun non-akademis. Siapapun orangnya, jika ingin kuliah di PKN STAN harus lulus USM PKN STAN, tidak memandang siapapun dia.
 
6. Lulus langsung ditempatkan kerja melalui ikatan dinas dan diangkat sebagai PNS di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi terkait lainnya tentu saja dengan penghasilan yang cukup besar dibanding PNS lainnya.
Keuntungan terbesar lainnya jika kalian kuliah di PKN STAN adalah kalian tidak perlu bingung memikirkan akan bekerja dimana dan berapa penghasilan yang akan didapatkan setelah diwisuda nanti. Semua lulusan PKN STAN statusnya adalah setara dengan lulusan CPNS Kementerian Keuangan. Tidak ada cerita lulusan PKN STAN yang menganggur. Setelah melewati masa-masa pendidikan yang lama, sistem kuliah yang ketat dan passing grade yang tinggi, maka pekerjaan yang layak dengan penghasilan yang menggiurkan adalah suatu penghargaan setimpal dengan apa yang telah diperjuangkan di bangku kuliah. Nantinya lulusan PKN STAN akan dialokasikan ke lingkungan Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta tidak menutup kemungkinan akan disalurkan ke instansi lain yang terkait sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

 

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information