BLOG & ARTIKEL

Ini Dia Pengertian Akuntansi Simpel yang Wajib Kamu Baca!

Sehabat STANers, apa kabarnya? Semoga sehat-sehat dan selalu rajin belajar, ya. Well, apakah kalian sedang dalam kondisi galau sedang memutuskan mau masuk jurusan apa? Kalau kalian senang dengan hitung-hitungan dan mengurus uang, kenapa nggak coba masuk jurusan Akuntansi?

Image result for AKUNTANSI

Meskipun ada jokes kalau “gak seru masuk akuntansi karena bukan uang sendiri yang dihitung”, tetapi sebenarnya berkutat dengan uang dan angka itu sangat menyenangkan lho, Sehabat STANers. Kurang teliti atau bahkan salah satu angka saja bisa bikin pusing tujuh keliling.

Di sinilah kejelian mata dan pikiran kalian diuji. Akuntansi akan menguji sejauh manakah kalian bisa teliti dan mau mencari kesalahan sampai menemukan kebenaran. Seru banget deh pokoknya, Sehabat STANers!

Pengertian Akuntansi
Akuntansi berasal dari kata Accountancy/Accounting/Constituency yang artinya proses mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengolah, dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan atau transaksi supaya mudah dimengerti untuk mengambil keputusan yang tepat.

Ada banyak pengertian Akuntansi berdasarkan para ahlinya. Berikut jabarannya:

Amin. W. (1997): Akuntansi merupakan suatu bentuk aktivitas dalam hal pengidentifikasian, pengukuran, pengklarifikasian, dan pengikthtisaran sebuah transaksi ekonomi atau kejadian yang bisa menghasilkan data kuantitatif yang utamanya bersifat keuangan dan dipergunakan untuk mengambil keputusan.

American Accounting Association: Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Warren dkk (2005): Secara umum akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan yang berguna dalam pengambilan keputusan.

American Institute of Certified Public Accountant: Akuntansi merupakan suatu bentuk seni mencatat, mengikhtisarkan, dan mengelola dengan proses tertentu dan dalam ukuran moneter dan transaksi serta kejadian-kejadian yang biasanya bersifat keuangan dan menafsirkan hasil-hasilnya.
Abu Bakar A dan Wibowo: Akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan terhadap semua transaksi ekonomi dari substansi atau perusahaan.

Fungsi Akuntansi
Ternyata peran akuntansi dalam sebuah perusahaan atau organisasi itu sangat krusial lho, Sehabat STANers.

Tanpa adanya akuntansi yang baik dan benar, proses keluar masuk uang jadi tidak terdeteksi dan malah bisa mengakibatkan kerugian karena adanya pihak-pihak tertentu yang mau menang sendiri.

Nah, di sinilah kamu yang punya ilmu akuntansi sangat dibutuhkan. Nggak perlu perusahaan besar, perusahaan kecil maupun organisasi kecil un pasti butuh yang namanya proses akuntansi yang baik dan benar.

Lalu, selain itu seperti apa sih penjabaran fungsi-fungsi akuntansi lainnya? Yuk, cek di bawah ini.

Media informasi keuangan suatu perusahaan.
Sebagai dasar pengambilan keputusan dan aktivitas tata keuangan perusahaan.
Mengetahui untung rugi perusahaan.
Mengetahui nilai perusahaan.
Menghitung pajak perusahaan.
Memudahkan proses saat mau kredit dari bank atau pihak lain.
Menarik minat investor saham.
Mengumpulkan dan menganalisis data tentang biaya.
Apakah Persamaan Dasar Akuntansi Itu?

Konsep Dasar Akuntansi sebagai Sistem
Selain menjalani fungsi-fungsi di atas, akuntansi juga bisa digunakan sebagai konsep dasar dalam sebuah sistem, Sehabat STANers. Apa saja sistemnya?

Satuan uang
Harta perolehan
Aspek ganda
Periode akuntansi
Kesatuan usaha
Definisi dan Proses Siklus Akuntansi
Bidang-Bidang Akuntansi
Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
Pemeriksaan akuntansi (Auditing)
Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)
Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Peranggaran (Budgeting)
Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)
Sistem Akuntansi (Accounting System)
Akuntansi untuk Organisasi Nirlaba
Akuntansi Sosial
Akuntansi Pendidikan
Lainnya.

Profesi Akuntansi
Nah, buat kalian yang nanti sudah belajar dan mengerti akuntansi dengan baik, berikut ini profesi-profesi yang bisa kalian lakoni di dunia kerja nanti:

Akuntan publik
Akuntan swasta
Akuntan pemerintah
Akuntan pendidik
Manajer akuntansi
Asisten akuntansi
Certified Public Accountants (CPA)
Account officer
Lainnya.

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information