BLOG & ARTIKEL

INFORMASI SPESIALISASI DI STAN

Perlu temen-temen ketahui bahwa di STAN ada 6 Spesialisasi yang bisa temen-temen ambil. Tentunya temen-temen masih awam tentang jurusan-jurusan di stan yang lebih dikenal dengan nama spesialisasi. Spesialisasi apa saja yang ada di STAN ???

 



STAN memiliki program pendidikan untuk Diploma I dan Diploma III. Untuk Diploma I fokus spesialisasi Bea Cukai dan Pajak saja (tahun 2013) dan tambahan Kebendaharaan Negara (tahun 2014). Sedangkan untuk Diploma III, STAN ada 6 Spesialisasi yang terdiri dari Akuntansi, Pajak, Bea Cukai, Piutang Lelang Negara, Penilai dan Kebendaharaan Negara.
Memilih jurusan di stan tentu kaitannya adalah penempatan ketika lulus nantinya meskipun ada beberapa lulusan yang tidak sesuai penempatannya misalnya Lulusan Pajak 2011 lalu banyak yang masuk Badan Pengawas Keuangan Pembangunan.

Disini akan kami sajikan sedikit banyak gambaran mengenai spesialisasi yang ada supaya bisa menjadi panduan temen-temen dalam memilih nantinya.

1. AKUNTANSI
Akuntansi  dalam sejarah stan memang memiliki jumlah mahasiswa yang paling banyak. Mata kuliah yang disampaikan memang banyak yang akan berkecimpung di dunia akuntansi misalnya Pengantar Akuntansi, Akuntansi Menengah , Akuntansi Biaya, Akuntansi Pajak dan beberapa mata kuliah pendukung yang tidak dapat dikesampingkan.
Meskipun akuntansi dalam Sekolah Menengah Atas adalah jurusan social tetapi mahasiswa yang masuk Spesialisasi Akuntansi ini tidak sedikit yang dahulu berlatar belakang Pengetahuan Alam. Proses penyesuaian memang tidak butuh waktu lama karena hamper setiap hari Anda nantinya akan dibekali ilmu terkait Akuntansi.
Penempatan lulusan akuntansi merupakan yang paling banyak disebar. Hampir seluruh lulusan Akuntansi nantinya bisa ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea Cukai, Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Perbendaharaan maupun Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan
Pendidikan spesialisasi Akuntansi dilaksanakan di Kampus STAN Jurang Mangu
 

2. PAJAK

Pajak merupakan spesialisasi favorit di STAN karena lulusan ini nantinya bisa dikatakan 90% akan ditempatkan di Direktorat Jenderal Pajak. Jadi hanya 10% factor keberuntungan yang membuat sebagian temen tidak ditempatkan di DJP. Tapi jangan salah, mulai tahun 2008, beberapa lulusan jurusan Pajak tidak ditempatkan di Ditjen Pajak melainkan di Sekretariat Jenderal, Badan Kebijakan Fiskal dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.
Pajak tahun 2013 ini membuka program studi untuk D1 dan D3. Pilih mana???
Dua-duanya sama-sama baik. D1 Kuliahnya cukup 1 tahun dan bisa langsung bekerja. Untuk D3 kuliahnya 3 tahun dan baru akan bekerja.
Pajak dalam kesehariannya memang banyak berkutat dengan masalah Pajak di Indonesia. Pajak Penghasilan yang bisa terdiri dari PPh Orang Pribadi, PPh  Badan, PPh Final, PPh Pasal 22, Pajak Pertambahan Nilai, dan pajak-pajak lainnya.
Mahasiswa pajak tergabung dalam IMP Ikatan Mahasiswa Pajak. Pendidikan Spesialiasi D3 Pajak dilakukan di Kampus STAN Jurang Mangu dan untuk D1 dapat dilakukan di Balai Diklat Keuangan di Seluruh Wilayah Indonesia.
 

3. BEA CUKAI

 
Selain pajak, Bea Cukai juga membuka program pendidikan untuk mahasiswa D1 dan D3. Bea Cukai pendidikan D3-nya dilakukan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bea Cukai di Rawamangung Jakarta Timur. Jadi tidak menjadi satu dengan spesialisasi di Kampus STAN Jurang Mangu. Untuk D1, pendidikannya dapat diselenggarakan di Balai Diklat Keuangan yang ada.
Bea Cukai hampir pasti setelah lulus nantinya akan masuk Direktorat Jenderal Bea Cukai. Pendidikan tidak semi militer amat. Hanya memang dididik untuk melatih kedislipinan yang tinggi selama pendidikan.
Mata kuliah tidak jauh-jauh dengan apa yang akan ditangani dalam bekerja nantinya tetapi memang tidak cukup hanya semua itu didapat selama pendidikan saja.

 

Bea cukai memiliki kantor hampir di seluruh wilayah Indonesia.
 

4. KEBENDAHARAAN NEGARA

Selain Pajak dan Bea Cukai, Kebendaharaan juga membuka program pendidikan untuk mahasiswa D1 dan D3 di tahun 2014. Mahasiswa spesialisasi kebendaharaan Negara lebih banyak berkecimpung dengan masalah penganggaran, DIPA dan lain-lainya. Proses pengadaan barang dan jasa juga di pelajari di spesialisasi ini. Bahkan lulusan stan 2012 lalu dari spesialisasi Kebendaharaan Negara juga di ujikan sebelum mereka lulus.
Lulusan mahasiswa kebendaharaan Negara biasanya ditempatkan di Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Jenderal Anggaran.
 

5. PENILAI

 
Dahulu penilai dinamakan juga PBB. Karena fokus pendidikan mereka yang lebih banyak pada penilaian property dan Pajak Bumi Bangunan.
Lulusan Penilai dahulu memang ditempatkan pada Direktorat Jenderal Pajak. Namun, seiring dengan beralihnya pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan dari Dirjen Pajak ke Pemerintah Daerah membuat penempatan lulusan penilai bisa jadi nantinya akan ditempatkan di Pemerintah Pusat atau Daerah yang membutuhkan.
 

6. PPLN

 
Piutang Lelang Negara atau biasa disebut dengan PPLN merupakan spesialisasi yang memiliki fokus pendidikan tentang pelelangan barang-barang milik Negara.
Lulusan spesialisasi ini biasanya akan ditempatkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Ada pepatah mengatakan, Jika ingin jadi orang Kaya maka masuk aja di Ditjen Kekayaan Negara. Namun, perlu diketahui juga bahwa lulusan PPLN dari tahun 2009 dan 2010 lalu, tidak semua ditempatkan di Ditjen Kekayaan negara. tapi ada juga yang ditempatkan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.
 
---
 
sumber :
mahasiswastan.info
msrdanny.wordpress.com/
 

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information