BLOG & ARTIKEL

Definisi dan Proses Siklus Akuntansi

Halo, Kawan Stanners! Bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, ya. Kawan Stanners, siapa di antara kalian yang suka belajar akuntansi atau mungkin mau mendalami ilmu akuntansi?

Kalau kalian salah satunya, nggak salah banget nih kalian mampir ke artikel yang satu ini. Dalam artikel ini, Admin akan membahas definisi dan proses siklus akuntasi. Wah, akuntasi ada siklusnya juga? Seperti apa sih siklus akuntasi itu dan apa fungsinya bagi perusahaan-perusahaan?

Buat kalian yang penasaran, yuk langsung simak penjabaran mengenai siklus akuntansi di bawah ini.

Definisi Siklus Akuntansi
Siklus akuntansi adalah proses penyusunan laporan keuangan sebuah perusahaan atau organisasi yang dapat dipertanggungjawabkan dengan baik serta diterima secara umum sesuai dengan prinsip, kaidah, prosedur, metode, dan teknik ruang lingkup akuntansi.

Siklus akuntansi ini dibuat dalam suatu periode tertentu untuk menghasilkan yang namanya informasi akuntansi. Proses ini tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar tetapi juga perusahaan kecil, Kawan Stanners. Kenapa?

Sebab informasi akuntansi yang sederhana sebatas mencatat jumlah pengeluaran dan pemasukan secara sederhana belum bisa dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dalam operasional perusahaan.

Siklus akuntansi ini dilakukan secara berulang-ulang, mulai dari pencatatan bukti transaksi hingga penyajian laporan keuangan. Dengan adanya informasi akuntansi, perusahaan bisa mengatur pengeluaran dan pemasukan secara baik, transparan, dan rapi. Sehingga jika suatu hari dibutuhkan, informasi akuntansi sudah siap tinggal disajikan.

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information