BLOG & ARTIKEL

Bingung Kuliah Dimana? Ini TIPS RAHASIAnya (Bagian ke-2 end)

Artikel ini adalah Lanjutan dari Artikel bagian Pertama, bagi yang belum baca, silakan baca di sini : Bagian Pertama >>>
 
Tahukah kamu, tempat perkuliahanmu adalah sebagai jalan utama menuju cita-cita dan impianmu di 10 tahun yang akan datang..
 
Sekarang pikirkan,
Banyak orang kuliah di jurusan tertentu, tapi ketika lulus, ternyata kerjanya di bidang yang berbeda..
Banyak juga orang kuliah di suatu jurusan, tapi di tahun kedua ganti jurusan...
Bahkan ada juga orang yang kuliah, tapi seperti ogah-ogahan.. karena ternyata tidak nyaman dan sesuai keinginan..
 
 
Paradigma ambil tempat kuliah yang paling familiar kan ada dua...
1. Ambil "KAMPUS" yang oke punya... atau
2. Ambil "JURUSAN" yang oke punya...
 
Kadang, karena kita tidak dapat membayangkan secara detail harapan dan keinginan kita secara JELAS, DETAIL, dan SPESIFIK, seringkali membuat kita TAKUT mengambil KEPUTUSAN..
seperti takut memutuskan untuk kuliah dimana...
 
Ketakutan ini memancing kita untuk melihat sekitar (paradigma yang ada disekeliling kita).. bukan IMAJINASI di MASA DEPAN..
 
Sebenarnya kita itu sangat ingin menjadi seorang AKUNTAN.. mungkin karena salah satu orangtua adalah AKUNTAN..
Tapi, karena kita berasal dari jurusan IPA, dan kata orang, Anak IPA itu yah kalo gak kedokteran (JURUSAN), yaa ambil kuliah di ITB (KAMPUS) donk... atau di tempat KULIAH lainnya..
Hal itu membuat kita memunculkan perasaan takut untuk memilih yang mana... 
"Kalo ambil jurusan akuntansi apa kata teman-teman ya.. kalo ambil kedokteran, udah mahal, gue gak minat banget sih.."
Akhirnya takut untuk memutuskan... ketika memutuskan tanpa impian yang jelas.. ujung-ujungnya nyesel deh....
 
Lain lagi ceritanya...
Kita merasa biasa-biasa aja.. ngerjain apa ajah susah, malas.. nilai selalu jelek... hal ini membuat kita mencap diri kita dengan kata BODOH.....
ketika ditanya Soal CITA-CITA di umur 25 tahun?? bingungg abiss.. boro-boro CITA-CITA, dapat tempat kuliah aja dah syukur,,,
Nah liat, KETAKUTAN-nya menghalangi pikirannya untuk ber-IMAJINASI lebih jauh tentang Masa Depannya.. akhirnya ambil tempat kuliah yang banyak teman-teman satu SMA dulu.. ujung-ujungnya kuliahnya malas..
 
Saya mau nekanin ke adik-adik semua.. tidak ada namanya orang BODOH... saya yakin kita semua memiliki bakat dan potensinya masing-masing...
yang sering terjadi adalah kita TAKUT untuk BERMIMPI...
 
BerMIMPI itu GRATIS lho..
gak pake bayar... Saya selalu menekankan ke seluruh siswa SmartPro Education, bahwa tidak ada hal yang mustahil di dunia ini, jika kita berani berMIMPI, berani mencoba, dan berani mengambil KEPUTUSAN..
 
Thomas Alfa Edison bahkan sempat dianggap orang paling bodoh saat kecil... tapi, kita ketahui bersama, ternyata dia adalah PENEMU dengan lebih dari 1000 Paten atau penemuan yang membuat semua orang menganggap dia kemudian adalah seorang JENIUS..
Tahu tanggapannya yang sangat fenomenal...??
JENIUS adalah 1% Inspirasi dan 99% Kerja Keras..
 
Sekarang ada beberapa pertanyaan yang akan menjadi blueprint atau TIPS bagi anda untuk memilih tempat kuliah yang sesuai dengan cita-cita Anda..
1. Saat Umur 25 Tahun nanti aku ingin bercita-cita jadi apa??
2. Buat 3 Alasan Kuat kenapa aku harus menggapainya..??
3. Buat 3 Alasan Kuat kenapa aku mampu menggapainya..??
4. Jurusan Apa yang paling sesuai untuk mencapai cita-cita tersebut..??
5. Apakah Jurusan itu sudah sesuai dengan minat dan potensimu..??
6. Tuliskan TIGA Kampus Terbaik dari jurusan tersebut..??
 
Ada yang bertanya, "Kak, aku kan tidak tahu jurusan tersebut sesuai dengan minat dan bakatku atau tidak?"
Mau tahu TIPSnya..?
 
Simple... kamu ke toko buku, beli buku sesuai dengan pilihan mata kuliahmu itu.. materi dasarnya aja ya... kamu baca-baca... 
Kamu dianggap sesuai dengan minat dan potensimu jika,
1. Kamu bisa mengerti suatu bagian materi yang kamu baca.
2. Kamu merasa nyaman saat membacanya..
3. Kamu mendapat pengetahuan baru yang berarti..
 
Jika salah satu saja dari tiga di atas terpenuhi, kamu sudah bisa dikatakan memiliki potensi untuk mempelajarinya..
 
Sekali lagi, pilihlah Kuliah yang sesuai dengan MASA DEPANmu...
BERANI untuk membuat PILIHAN..
BERANI untuk BERMIMPI..
Hanya orang PEMIMPI BESAR yang mampu menjadi ORANG BESAR...
 
Nantikan Artikel berikutnya ya..
Jika bermanfaat silakan dishare yaa...
 
Sukses untuk Kita Semua..
 
 

 

Rezky Daniel CHt, CI
Owner SmartPro Education
Motivator & National Hypnotherapist
www.rezkydaniel.com

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information