BLOG & ARTIKEL

Biaya Kuliah Mahal..? Ini Solusinya...

Salah Satu Siswa saya di SmartPro Education yang pernah berkata, "Sekarang uang kuliah mahal-mahal banget ya kak..?" Gue jawab aja, "Tarif ke toilet aja makin mahal sekarang dek.." hahahaha..

Kalo saya bilang, Biaya Kuliah itu seperti tarif Listrik.. makin lama makin naik.. katanya sih untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan.. hahahahaha...


Biaya Kuliah Mahal..?
Baiklah...Secara gampangnya, kita mengartikan mahal jika kemampuan ekonomi kita kurang atau tidak sesuai dengan biaya kuliahnya.. ataupun sekiranya bisa, tetap aja merasa mahal.. karena biaya kuliahnya "kurang ajar.."

Untuk adik-adik yang memiliki permasalahan seperti itu, solusinya banyak sebenarnya..tapi saya berikan empat solusi ya..

  • yang pertama : Kuliah di tempat yang murah abiss..!! ^_^
  • yang kedua : Cari beasiswa..
  • yang ketiga : Cari pinjaman atau utang
  • yang keempat : Kuliah sambil kerja..



Kuliah di tempat yang murah abisss..!!
Ada dua definisi nih.... yang pertama murah karena murahan.. yang kedua murah tapi berkualitas..
untuk opsi pertama bisa jadi solusi anda bagi yang bener-benar tidak dapat lulus di opsi kedua (murah tapi berkualitas).
Emanknya ada ya Murah tapi berkualitas.. Tentu ada donk.... yang paling ngetrend saat ini adalah kuliah di Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)..
Contoh PTK itu ya seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan PTK lainnya. Biasanya biayanya ada yang dari Gratis sampai berbayar.. tapi secara keseluruhan, biasanya terjangkau....
Hingga sampai saat ini STAN masih GRATIS dan lulusannya akan ditempatkan di Kementerian Keuangan dan lembaga negara lainnya.. Woow.?? bisa dicoba ni.. kalo perlu tempat bimbingan belajar, silakan bergabung dengan SmartPro Education (numpang promosi ya).. nanti kakak akan bimbing langsung..

Cari Beasiswa..
Sekarang-sekarang ini banyak kok perusahaan-perusahaan yang menawarkan kuliah secara Gratis atau dengan biaya yang murah dengan program beasiswanya. Untuk hal ini sebaiknya anda rajin-rajin mencari infonya ke mbah google.. (jangan facebookan mlulu). Biasanya sih, ini termasuk limited edition, atau kalo liat harga diskon ada tanda bintangnya dengan tulisan kecil banget di bawah.. (syarat dan ketentuan berlaku)..


Cari Pinjaman atau Utang...
Sebenarnya saya kurang merekomendasikan solusi ini, tapi solusi ini termasuk yang populer untuk diterapkan.. dengan harapan setelah lulus, lalu kerja dan balik modal... Bagi anda yang mencoba hal ini, anda bisa mengkombinasikan dengan solusi keempat, yaitu kuliah sambil kerja..


Kuliah sambil Kerja..
Ini adalah solusi yang patut anda pertimbangkan.. karena penghasilan dari kerja tersebut bisa digunakan untuk membayar uang kuliah kita.. Bahkan sekarang sudah banyak universitas yang menyediakan layanan Kelas Karyawan.. biasanya di weekend atau kelas malam... Sebelum memutuskannya, pastikan konsekuensinya anda mampu untuk melaluinya, yakni menjaga KESEHATAN fisik dan mental..


Adik-adik harus tahu bahwa masa depan anda ditentukan oleh KEPUTUSAN yang anda ambil SAAT ini dan HARI ini juga..
Renungkan kondisi anda saat ini... sadari kualitas diri Adik-adik sekarang... kamu harus menyadari bahwa Anda saat ini adalah sebuah akibat dari seluruh keputusan-keputusan yang telah anda buat di masa lalu... 

Saya yakin adik-adik pasti ingin punya impian dan cita-cita yang besar kan?
Cita-Cita setinggi langit dan seluas samudera...

Karena itu tidak ada istilah bagi anda untuk Tidak Kuliah...
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi adik-adik yang lagi galau memikirkan uang kuliah yang mahal.. Tentunya seperti kata pepatah,,, Ada banyak jalan ke Roma.. ada masalah, pasti ada jalan keluarnya.. mentok disatu sisi, anda bisa ke jalur yang lain.. tentunya anda juga mungkin punya solusi lain untuk dapat kuliah...

Jika bermanfaat, tolong dishare ke teman-teman ya... ^_^
nantikan artikel motivasi berikutnya...


Rezky Daniel CHt, CI
Owner SmartPro Education
Motivator & National Hypnotherapist
www.rezkydaniel.com

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information