BLOG & ARTIKEL

Berikut adalah Beberapa Rumor Tidak Benar Yang Beredar Tentang PKN STAN

- STAN sudah tidak ikatan dinas lagi?
- Setelah lulus harus ikut Tes CPNS?
- Katanya banyak Alumni yang menganggur?

 


Politeknik Keuangan Negara STAN saking kerennya juga sering tertimpa gossip atau isu-isu gak bener loh, udah kayak artis sinetron ajah ya. Contohnya seperti pertanyaan diatas. 3 pertanyaan tersebut sering banget muncul. Terlebih lagi dari ibu-ibu yang sedang mengantar anaknya datang mendaftar bimbel di Smartpro Education.

Ketika ditanya ibu dapat kabar tersebut darimana, jawabannya selalu seragam. Ada yang bilang dari tetangganya, sodaranya, tetangga sodaranya. Nanti kalo admin tanya sodara ibu tersebut dapat kabar darimana mungkin jawabannya juga dapat dari tetangganya... gitu ajah terus nyampe Iron man jadi pengawas USM STAN. Hehe



Isu-isu yang seperti ini tidak baik apabila dibiarkan. Nanti bisa menimbulkan keraguan yang dapat mengganggu ketenangan hati :D kan kasian adik-adik calon peserta USM STAN jadi kurang fokus belajarnya gara-gara mikirin pertanyaan diatas. Maka dari itu kali ini admin akan mencoba meluruskan rumor-rumor yang sudah terlanjur menghantui masyarakat ini :D

Di mulai dari pertanyaan yang pertama yaa ...

Apakah PKN STAN sudah tidak ikatan dinas lagi?

Sampai saat ini Politeknik Keuangan Negara STAN masih ikatan dinas. Pernyataan ini dapat dibuktikan oleh beberapa hal :

  • Tidak ada surat pernyataaan resmi dari PKN STAN bahwa PKN STAN tidak akan menempatkan lulusannya lagi ke lingkungan Kementerian Keuangan.
  • Salah satu alumni PKN STAN tahun 2013 mengaku diharuskan menandatangani Surat Ikatan Dinas sampai 2 kali, yaitu di semester 1 dan semester 6. Jadi seluruh lulusan STAN wajib menjadi PNS di lingkungan Kementerian Keuangan selama 10 tahun.
  • Selama masa pendidikan seluruh biaya kuliah ditanggung oleh negara. Negara tidak akan merugikan dirinya sendiri apabila membiarkan lulusannya bekerja di tempat lain tanpa harus mengabdi pada kepadanya selama 10 tahun.

Yang kedua ...

Kok setelah lulus masih harus ikut Tes CPNS?

Hmmm ... jadi begini. Bahwa sejak tahun 2013 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB) mengeluarkan Peraturan yang berbunyi “Seluruh mahasiswa sekolah kedinasan seperti PKN STAN, IPDN, STIS, STMKG, dll wajib mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) sebagai syarat menjadi PNS”

Simplenya Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini diadakan untuk penentuan lokasi penempatan kerja. Bedanya dengan CPNS, Mahasiswa PKN STAN tetap diperioritas, jika mereka lulus walau nilainya kecil pasti akan diangkat menjadi PNS. Sekaligus TKD ini untuk menjaga kualitas lulusan PKN STAN. Tentu Kementerian Keuangan ingin yang bekerja di lingkungannya adalah orang-orang yang terbaik. Maka dari itu, mahasiswa PKN STAN diharapkan mempersiapkan diri baik-baik selama masa pendidikan. Masa sudah sekolah gratis, belajarnya malah main-main sih ya kan? hehe


Lagi pula mulai tahun 2016 TKD diadakan di depan. Masuk ke dalam Tahapan USM PKN STAN. Jadi kalau kalian sudah lulus USM PKN STAN, kali gak perlu khawatir lagi gak bakal lulus TKD. Tinggal belajar yang benar dan ikuti peraturan di PKN STAN, pas lulus langsung jadi PNS deh :D

Nah berhubungan dengan pertanyaan yang ketiga ...

Katanya banyak alumni yang menganggur?

Ini terjadi saat tahun 2013. TKD PKN STAN dilaksanakan mengikuti jadwal CPNS umum yang biasanya dilaksanakan pada bulan Agustus-September. Mau tidak mau mahasiswa yang lulus pada bulan oktober harus menunggu pelaksanaan TKD pada bulan Agustus-September pada tahun berikutnya. Alasannya inilah yang membuat mahasiswa PKN STAN mengganggur selama kurang lebih 1 tahun.

Sebenarnya mahasiswa PKN STAN tidak benar-benar menganggur. Masa tersebut dibilang dengan sebutan masa tunggu. Karena saat masa tersebut banyak yang memanfaatkan untuk mencari pengalaman kerja di luar. Bisa magang atau kerja di kantor pemerintah maupun swasta. Perlu diketahui Alumni PKN STAN memiliki prospek yang bagus di luar kantor pemerintahan. Banyak badan usaha swasta yang mencari Mahasiswa STAN.

Banyak hal yang dapat dilakukan selama masa tunggu. Bisa juga digunakan sebagai masa istirahat setelah beberapa tahun belajar di kampus PKN STAN. Mungkin hal-hal yang dilakukan pada masa tunggu tersebut tidak akan pernah lagi didapatkan saat sudah menjadi PNS nanti.

 


Jadi bagaimana? Sudah terjawab semua kan pertanyaan yang mengganggu hatimu itu? Hehe.

 

 

Ditulis oleh : Arief umarjati

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information