BLOG & ARTIKEL

Berapa biaya kuliah di STAN?

Lagi-lagi admin tergugah untuk memposting tulisan ini di blog Smartpro. Tulisan kali ini di dasari oleh banyaknya adik-adik calon mahasiswa PKN STAN yang sering bertanya pertanyaan sebagai berikut :

- Kak kuliah di PKN STAN bayar gak?
- Kak di PKN STAN kuliahnya bayar berapa?
- Kak kuliah di PKN STAN mahal ya?
 
Karena kaka admin udah tau jawabannya, kadang kaka admin nyampe ketawa hihi abis lucu sih. Maap ya. Tapi demi adik-adik calon mahasiswa PKN STAN tercintah kaka admin akan bagian salah satu informasi rincian pengeluaran yang ditulis oleh salah satu Kaka Pengajar Smartpro Education. Di baca ya ....


Sudah bukan rahasia lagi kalau kampus yang satu ini membiayai semua biaya perkuliahan mahasiswanya. Kampus PKN STAN namanya.  Ya seharusnya sih memang bukan rahasia lagi, tapi ternyata masih banyak yang belum tahu ya hihi 

Tidak ada Uang Gedung, SPP persemester, atau biaya embel-embel lainnya. Kuliah Gratis. Memang seperti itu kenyataannya :)

Sampai disini pertanyaan diatas sudah terjawab semua. Tapi kayaknya postingannya jadi terlalu sedikit ya kalo berhenti sampai disini. Kalau gitu gimana kalo kita bahas yang lain? tapi tidak beralih jauh-jauh dari topik Biaya Kuliah di PKN STAN.

Kuliah di PKN STAN memang gratis. Tapi untuk hidup selama menjadi mahasiswa PKN STAN kan juga butuh biaya. Nah untuk yang ini mahasiswa PKN STAN harus tanggung sendiri, masa iya harus Kampus juga yang bayarin biaya hidup kita hehe Bisa dilihat diabwah ini adalah rincian pengeluaran mahasiswa STAN pra kuliah, dan selama menempuh pendidikan di PKN STAN (Bintaro Sektor V) :
  1. Uang pendaftaran sebesar Rp150.000,- yang dibayarkan ketika mendaftar USM STAN.
  2. Iuran BEM sebesar Rp625.000,- untuk membayar jas almamater, UKM, penyelenggaraan Dinamika,dll. Dibayarkan pada saat Daftar Ulang STAN. Ada juga keringanan pembayaran bagi yang kurang mampu dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan asal tempat tinggal mahasiswa terkait.
  3. Pembayaran Wisuda STAN ketika sudah lulus, jumlahnya menyesuaikan setiap tahun sekitar Rp800.000-an. Jumlah ini termasuk kategori murah jika dibandingkan dengan wisuda di tempat lain. Fasilitas yang disediakan pun bagus, terlebih lagi tamu yang diundang pada acara wisuda adalah kalangan pejabat Kementerian Keuangan (Menteri Keuangan, Pejabat Eselon Kemenkeu, dsb).
  4. Biaya kosan ditanggung sendiri oleh mahasiswa. Perkiraannya antara 2,5-5 juta pertahun. Wilayah kos bagi mahasiswa juga relatif dekat dengan kampus. Seperti Ceger, Kalimongso, Sarmili, PJMI (Perumahan Jurang Mangu Indah), Pondok Jaya, dan Pondok Safari. Biaya kos pun setiap tempat berbeda. Untuk kos yang ditawarkan ada yang bulanan dan tahunan. Untuk bulanan biasanya berkisar dari 350rb-550rb. Untuk yang tahunan, berkisar dari 2,5-6 jt. Biaya kos yang berbeda-beda juga disesuaikan dengan fasilitas yang disediakan. Seperti ada tidaknya WiFi, AC, TV, dapur, kamar mandi dalam, dll.
  5. Untuk biaya makan dan kebutuhan lain, cukup standar. Rata-rata setiap bulannya antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000. Banyaknya tanggungan biaya hidup juga bergantung tipe mahasiswanya. Uang pulsa, nonton, jalan-jalan, dan biaya-biaya tak terduga untuk keperluan sehari-hari juga sudah menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa.
  6. Untuk warung makan, banyak warteg(warung tegal) yang menyediakan makanan-makanan enak yang relatif murah. Berkisar Rp5.000 hingga Rp10.000. Sesuai dengan kantong mahasiswa(anak kos)lah ☺. Hehe
  7. Seragam(kemeja polos dan rok(untuk wanita) hitam/warna gelap dan celana hitam/warna gelap), sepatu, tas adalah tanggung jawab mahasiswa sendiri.
  8. Buku-buku perkuliahan dan buku tulis disediakan gratis oleh lembaga Sekre STAN. Bahkan, tahun 2013 lalu, semua mahasiswa STAN diberi Alat Tulis Lengkap dari pihak Sekre STAN ☺
Untuk memenuhi biaya kebutuhan diatas tapi tidak ingin merepotkan orang tua, menjadi Mahasiswa PKN STAN bisa mencari penghasilan dengan cara berkerja sambilan menjadi pengajar privat atau bimbel di daerah Bintaro, bikin usaha bisnis, atau yang lain-lain :D Tapi ingat kuliahnya harus serius :D

Demikian informasi mengenai Biaya-biaya selama kuliah di PKN STAN, semoga bermanfaat :)

Rincian ditulis oleh:

Hanif Ayu Safitri

STAN 2013
Pengajar TBI di Bimbel Smartpro Education
 
 

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information