BLOG & ARTIKEL

7 Jurusan Sepi Peminat, dengan Peluang Kerja Besar!

Bagi Kalian yang akan lulus SMA, sudah tahu ingin kuliah di mana dan mengambil jurusan apa? Saat ditanya seperti itu, pasti banyak dari calon-calon mahasiswa yang menjawab ingin masuk jurusan favorit seperti ekonomi, kedokteran, komunikasi, atau teknik. Padahal, masih banyak lho jurusan dengan prospek kerja tinggi tapi masih jarang diketahui dan kurang diminati. Eits, jangan salah, meski jurusan sepi peminat kebanyakan dari lulusannya justru digaji tinggi lho. Penasaran apa saja jurusan tersebut? Check these out!

 

  1. Astronomi

jurusan sepi peminat - astronomi

Dari namanya pasti kamu sudah mempunyai bayangan 'kan akan mempelajari apa di jurusan ini? Yap, kamu akan banyak belajar mengenai hal-hal yang berhubungan dengan antariksa. Banyak yang tidak ingin mengambil jurusan ini akibat anggapan astronomi itu sulit karena mempelajari fisika, matematika dan ilmu astronomi itu sendiri. Tapi banyak keseruan yang akan kamu dapatkan lho  dengan mempelajari ilmu astronomi. Di jurusan ini kamu akan mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi. Kamu juga akan belajar fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

 

Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa bekerja di lembaga yang menjajikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan gaji yang fantastis. Nah, ITB merupakan satu-satunya universitas dengan jurusan astronomi di Asia Tenggara, lho. Keren 'kan?

 

  1. Kehutanan

jurusan sepi peminat - peneliti hutan

Saat mengambil jurusan kehutanan bukan berarti setelah lulus kamu akan bekerja sebagai penjaga hutan. Di jurusan ini kamu tidak hanya belajar tentang hutan saja, tetapi kamu akan belajar cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di hutan, termasuk sumber daya alamnya. Kalian tahu 'kan bahwa Presiden Joko Widodo adalah lulusan Fakultas Kehutanan UGM. Jadi, anak kehutanan juga bisa sukses kok!

 

  1. Ilmu Perpustakaan

jurusan sepi peminat - pustakawan

Banyak yang mengacuhkan jurusan ini karena beranggapan bahwa mereka hanya akan mempelajari tentang buku. Ternyata tidak seperti itu. Jurusan ilmu perpustakaan akan mengajarkan kamu mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi di sebuah perpustakaan. Selain ilmu sosial, kamu juga akan belajar hukum dan teknik yang berkaitan dengan cara mengelola atau menyebarkan informasi.  Prospek kerja setelah kamu lulus dari jurusan ini juga cukup luas, mulai dari programmer, sekretaris, hingga document controller. Seru 'kan? Universitas dengan jurusan ilmu perpustakaan antara lain UI, UGM, UNS, UNDIP, UNAIR, dan UIN.

 

  1. Oseanografi

jurusan sepi peminat - oseanografi

Mungkin kalian masih asing dengan jurusan ini ya. Oseanografi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mengenai berbagai aspek kelautan, seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya.

 

Sebagai negara dengan mayoritas perairan, Indonesia sedang menguatkan sektor maritimnya. Jadi ilmu ini sangat dibutuhkan dan relevan dengan misi tersebut. Makanya lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi. Universitas dengan jurusan Oseanografi di Indonesia adalah UNDIP dan ITB.

 

  1. Filsafat

jurusan sepi peminat - patung socrates

Studi filsafat memang terlihat rumit karena memerlukan logika berpikir dan logika bahasa, sehingga jurusan ini memiliki sedikit peminat. Namun, di jurusan ini kamu bisa mempelajari banyak hal. Mulai dari perilaku dan fenomena manusia, serta cara bersikap kritis untuk menyelesaikan masalah. Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa menjadi penasihat penelitian atau bahkan penasihat negara. Keren, bukan? Universitas negeri dengan jurusan filsafat adalah UI & UGM.

 

  1. Ilmu Arkeologi

jurusan sepi peminat - arkeolog

Well, arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan (manusia) masa lalu melalui sebuah kajian sistematis berdasarkan data benda-benda yang ditinggalkan. Selama kuliah, kamu akan sering studi lapangan ke tempat-tempat seru yang jarang dikunjungi orang lain. Para lulusan arkeologi bisa bekerja sebagai peneliti, ahli benda-benda bersejarah, atau bahkan kamu mempunyai peluang untuk direkrut oleh para ilmuwan dari luar negeri. Seru kan? Universitas dengan jurusan arkeologi di Indonesia antara lain UI, UGM, UNHAS, dan Udayana.

 

  1. Teknobiomedik

Nah, dalam dunia medis dan kesehatan tidak hanya dokter saja lho yang dibutuhkan. Seorang teknobiomedik atau biomedical engineer mempunyai peran yang tak kalah penting dengan dokter. Mereka dibutuhkan untuk menangani teknik dan prosedur dunia kesehatan, seperi analisis, diagnosis, instrumen kesehatan, hingga rekayasa medis. Universitas yang punya jurusan teknobiomedik di Indonesia adalah UNAIR.

 

Nah, masih mau menganggap remeh jurusan-jurusan tadi? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang agar dapat diterima di jurusan impian! Ingin tahu caranya? Sekarang, kamu bisa belajar online dengan menonton video di ruangbelajar. Seru kan? Yuk, segera daftarkan dirimu, Kalian! (SA/DR)

 

Sumber

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information