BLOG & ARTIKEL

3 Peluang Lulusan Akuntansi di Bisnis Startup

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman yang super canggih ini, sangat mudah menemukan bisnis startup. Bisnis ini tergolong baru dan umumnya beroperasi di bidang teknologi. Karena sifatnya yang masih baru didirikan, bisnis ini tentu membutuhkan tenaga kerja dari berbagai bidang untuk menunjang operasinya.

3. Invisible Money

Tenaga kerja inilah yang akan menciptakan beragam ide untuk menjalankan dan memajukan bisnis startup. Salah satu tenaga kerja yang paling dibutuhkan di bisnis startup adalah mereka yang berlatar belakang lulusan Akuntansi.

Kemampuannya dalam berhitung dan menganalisis membuat lulusan Akuntansi semakin dibutuhkan di dunia bisnis. Akuntansi adalah sebuah disiplin ilmu yang erat kaitannya dengan hitung-menghitung sehingga kemampuan lulusan ini tidak diragukan lagi kemampuannya.

Ada banyak peluang yang menanti lulusan Akuntansi, salah satunya adalah bisnis startup. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut peluang lulusan Jurusan Akuntansi di bisnis startup.

 

1. Paham Dasar Akuntansi yang Berguna untuk Perusahaan Sendiri

Poin ini ditujukan bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha sendiri di bidang startup. Anda harus mampu memahami akuntansi dasar seperti perhitungan laba usaha dan lainnya. Hal ini diperlukan agar Anda mudah dalam melakukan evaluasi atau memantau kinerja karyawan karena Anda memahami aliran kas yang diproses oleh mereka.

Jika Anda adalah seorang lulusan Akuntansi namun tidak berniat membuka usaha, maka Anda bisa menawarkan jasa untuk mereka yang ingin memulai usaha namun buta dengan ilmu akuntansi dasar. Anda bisa memperoleh uang dari ilmu yang sudah Anda pelajari selama ini tentunya. Carilah bisnis startup yang masih baru didirikan dan tawarkan keahlian Anda tersebut. (Baca Juga: 5 Sebab Bisnis Startup Bisa Gagal)

 

2. Pembuat Laporan Keuangan

Laporan keuangan dalam bisnis sangat penting untuk diperhatikan. Di sinilah peran lulusan Akuntansi sangat dibutuhkan. Seorang lulusan Akuntansi mampu membuat laporan keuangan yang rapi sehingga pemilik usaha akan dengan mudah memahami aliran kas yang terjadi dalam periode tertentu.

Dengan catatan yang terstruktur tersebut, bisnis startup bisa berkembang dan maju karena pada dasarnya laporan keuangan dapat dijadikan cerminan untuk periode selanjutnya. Lulusan Akuntansi sangat membantu bisnis startup karena mereka paham mengenai laporan keuangan dengan baik yang berdampak baik pada perkembangan perusahaan.


3. Ahli Pajak

Dalam dunia bisnis, juga dikenal adanya pajak. Pajak sendiri terdiri atas beberapa macam perpajakan yang tentunya dipahami oleh mereka yang mengambil Jurusan Akuntansi. Oleh sebab itu, lulusan Akuntansi bisa dengan mudah menghitung pajak yang mengenai sebuah perusahaan akibat bisnis yang sedang dijalankan.

Selain memiliki kemampuan berhitung pajak, lulusan Akuntansi juga mampu memberikan saran kepada perusahaan perihal pajak yang dikenakan pada perusahaan tersebut. Dengan kata lain, lulusan Akuntansi bisa menjadi penasihat pajak bagi perusahaan.

Sebab, lulusan Akuntansi mampu memberikan arahan kepada bisnis startup perihal pajak yang dikenakan pada mereka sehingga bisa lebih mengatur pola keuangan pada bisnis startup tersebut.

 

 

Kembangkan Keahlian dan Ambil Peluang

Bisnis startup yang sekarang ini makin marak bermunculan tentunya memberikan banyak peluang bagi lulusan Akuntansi. Dan para ahli Akuntansi ini berperan penting dalam mengembangkan perusahaan. Oleh karena itu, Anda bisa memilih salah satu peluang yang sudah disebutkan di atas untuk menjadi pekerjaan pertama Anda atau pendukung usaha rintisan Anda di bidang startup setelah lulus dari pendidikan Akuntansi.

 

sumber

Connect with us

Bintaro Sektor 3A, Jl. Pd. Betung Raya No.87A, Pd. Betung, Pd. Aren,

Kota Tangerang Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 15221

  • Office (021) 7374496

  • Mobile +62 838 0789 1577

  • Email smartpro.education@gmail.com

Newsletter

Enter your email and we'll send you more information